Mantan Jaksa Ragukan Keberhasilan KPK

Mantan Jaksa Ragukan Keberhasilan KPK
Mantan Jaksa Ragukan Keberhasilan KPK
JAKARTA - Mantan Direktur Penyidikan Kejaksaan Agung, Chairul Umam, menyarankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) fokus pada kasus korupsi besar yang mengancam stabilitas keuangan negara. Selian itu, Umam juga meminta KPK mengutamakan aspek pencegahan.

"KPK sebaiknya fokus pada penanganan kasus korupsi besar dan memprioritaskan pencegahan korupsi. Dua langkah tersebut merupakan cara cepat untuk menutupi kekurangan tenaga penyidik dan penuntut," kata Chairul Umam saat diskusi "Pejabat Teri Pajak Ditangkap, Pejabat dan Penyuap Kakap Dibiarkan" di Rumah Perubahan 2.0, Jakarta, Selasa (12/6).

Menurutnya, jika KPK tidak mengambil dua langkah tersebut maka korupsi di Indonesia akan sulit diberantasa. Bahkan menurut Umam, jika perlu 80 persen sumber daya manusia (SDM) di KPK  digunakan untuk pencegahan, sedangkan 20 persen sisanya untuk penindakan.

“Kalau menangkap koruptor, sepertinya KPK kelihatan gagah. Tapi jika cara kerja KPK tetap sibuk dengan penindakan seperti sekarang, saya yakin 10 tahun lagi korupsi di Indonesia bukannya berkurang, malah akan semakin bertambah parah,” tegas Chairul.

JAKARTA - Mantan Direktur Penyidikan Kejaksaan Agung, Chairul Umam, menyarankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) fokus pada kasus korupsi besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News