Mantan Konsul Malaysia Dilaporkan Menipu

Mantan Konsul Malaysia Dilaporkan Menipu
Mantan Konsul Malaysia Dilaporkan Menipu
PONTIANAK- M Zairi M Basri  mantan Konsul Malaysia di Pontianak diduga melakukan tindak pidana penipuan di wilayah hukum Indonesia. Beberapa korban sudah mengadu dirugikan hingga ratusan juta rupiah. Motifnya ada meminjam uang ke bank dengan  mengandaikan seritifikat tanah dan rumah milik korban. Alasannya ingin membayar kontrak rumah konsulat.

 

Peristiwa itu terjadi pada 2008 silam. Korban seorang warga Pontianak, Sugiarto. Saat itu, M Zairi mengutarakan minta bantuan dengan Sugiarto, meminjam sejumlah uang. Buat keperluan membayar kontrakan pegawai konsulat di jalan Katamso. Karena uang anggaran yang dikucurkan pemerintah Malaysia terpakai Basri untuk keperluan pribadi.

"Kami sudah kenal baik. Jadi saya percaya dengan beliau (Zairi,red) apalagi seorang konsul," kata Sugiarto. Hingga akhirnya Sugiarto memberikan sertifikat rumahnya kepada Basri, sebagai jaminan bank.

Adapun rumah yang digadai ke bank yakni rumah yang Sugiarto kontrakkan bagi pegawai konsulat. Dengan meminjam sertifikat tersebut Zairi mengajukan kredit bank tetapi atas nama P Sugiarto. Namun dengan menyertakan surat resmi konsulat Malaysia kepada pimpinan bank, tertanggal 28 Oktober 2008.

PONTIANAK- M Zairi M Basri  mantan Konsul Malaysia di Pontianak diduga melakukan tindak pidana penipuan di wilayah hukum Indonesia. Beberapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News