Mantan Mentan Apresiasi Kemajuan Modernisasi Pertanian

Mantan Mentan Apresiasi Kemajuan Modernisasi Pertanian
Pemanfaatan modernisasi mekanisasi teknologi. Foto dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Indonesia periode 1993-1998, Syarifudin Baharsyah mengapresiasi penyesuaian program teknologi revolusi industri 4.0 yang diterapkan Kementerian Pertanian (Kementan) selama lima tahun terakhir. Kata dia, program itu di antaranya pemanfaatan modernisasi mekanisasi teknologi.

"Bagi saya, apa yang dilakukan Pak Mentan (Amran Sulaiman) sangat tepat karena menganggap 4.0 sebagai sesuatu yang penting sekali. Artinya kami harus mulai bertindak dari sekarang," ujar Syarifudin saat ditemui di rumahnya, Kamis (25/9).

Menurut Syarifudin, keseriusan Amran dalam menerapkan teknologi pada sektor pertanian terlihat jelas dari semua program-program yang sudah berjalan dengan baik. Di samping itu, Amran juga dinilai sebagai sosok yang konsisten karena sering menemui petani dan berbicara langsung terkait apa yang menjadi keresahan mereka.

"Bagi saya, kami semua memang harus ikut bagian pada pergerakan industri 4.0 ini. Tapi yang paling penting, salah satu yang harus keikutsertaan ini adalah petani itu sendiri. Terus terang, saya bahagia sekali karena petani sekarang ikut dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif," katanya.

Berikutnya, kata Syarifudin, Kementerian Pertanian juga sudah tepat menyiapkan SDM dari kalangan anak muda. Menurutnya, kesiapan itu terlihat dari realisasi satu juta petani milenial yang digagas Mentan Amran sejak empat setengah tahun lalu.

"Petani milenial itu penting sekali untuk proses tahap sekarang ini. Sebab ke depan kami tidak bisa mengandalkan petani tua. Tetapi keliatan sekali bahwa petani milenial itu mendapat tempatnya yang membuat dia bahagia dan senang sekali. Saya kira cakep sekali ini," katanya.

Syarifudin mengatakan, prioritas program yang menyasar secara tepat dan terukur, terbukti menghasilkan capaian dan kinerja yang luar biasa. Antara lain meningkatnya produksi dan nilai ekspor.

"Saya dengar posisi kami di dunia ini rengking 6. Tentu di dalamnya ada sawit, bawang, cabai dan lain-lain. Bahkan saya mendengar bahwa anak-anak muda sekarang sudah mulai dengan kopi dan teh. saya lihat dalam mengekspor, minyak sirih pun disentuh oleh pak Menteri. Itu luar biasa sekali," katanya.

Keseriusan Andi Amran Sulaiman dalam menerapkan teknologi pada sektor pertanian terlihat jelas dari semua program-program yang sudah berjalan dengan baik. Di samping itu, Amran juga dinilai sebagai sosok yang konsisten karena sering menemui petani dan ber

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News