Mantan Presiden Meksiko Usul Narkoba Dilegalkan

Mantan Presiden Meksiko Usul Narkoba Dilegalkan
Mantan Presiden Meksiko, Vincente Fox. Foto : REUTERS
MEXICO CITY - Mantan Presiden Meksiko, Vicente Fox, melontarkan ide yang mengejutkan. Pasalnya, Fox yang pernah menjadi sekutu penting bagi Amerika Serikat dalam perang melawan kartel narkoba itu mendukung legalisasi narkoba.

Seperti dikutiup REUTERS, kemarin, Fox mengatakan, berbagai larangan telah gagal mengekang kekerasan dan korupsi yang meningkat di Meksiko. Melalui blog pribadinya, Fox justru mengkritik strategi anti-narkoba pemerintah Presiden Felipe Calderon.

"Legalisasi tidak berarti bahwa narkoba itu baik, tapi kita harus melihat (legalisasi produksi, penjualan dan distribusi narkoba) sebagai strategi untuk melemahkan dan menghancurkan sistem ekonomi yang memungkinkan kartel-kartel narkoba memperoleh keuntungan besar," tulis Fox dalam sebuah artikel yang diunggah di blog pribadinya pada akhir pekan lalu. "Strategi larangan yang radikal tidak pernah berhasil," tandasnya.

Banyak diberitakan, kekerasan tengah meningkat di Meksiko, di mana kartel narkoba mampu menghasilkan miliaran dolar per tahun karena mereka berusaha menemukan rute yang menguntungkan dalam menyelundupan kokain, ganja, methamphetamine dan obat-obatan terlarang lainnya ke Amerika Serikat.

MEXICO CITY - Mantan Presiden Meksiko, Vicente Fox, melontarkan ide yang mengejutkan. Pasalnya, Fox yang pernah menjadi sekutu penting bagi Amerika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News