Mantan Suami Ussy Sulistiawaty yang Pernah Aniaya Aktivis Lingkungan

Mantan Suami Ussy Sulistiawaty yang Pernah Aniaya Aktivis Lingkungan
CALON BUPATI: Sugianto Sabran, pelapor kasus kesaksian palsu yang membelit Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) di Mabes Polri, Jumat (23/1). Foto: Hayat/Jawa Pos

jpnn.com - NAMA Sugianto Sabran ikut mencuat seiring dengan penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto alias BW oleh Bareskrim Mabes Polri, Jumat (23/1).

Ya, Sugianto yang tak lain adalah politikus PDIP asal Kalteng itu adalah orang yang melaporkan BW atas tuduhan kesaksian palsu dalam persidangan sengketa pilkada di MK. 

Di daerah asalnya, Sugianto dikenal sebagai pengusaha kayu. Bahkan dia sempat menikah dengan artis Ussy Sulistiawaty pada 2005.

Namun pernikahannya dengan Ussy kandas seiring kasus illegal logging mencuat pada 2006. Ada juga kabar bahwa precession itu dipicu oleh kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). 

Dari penelusuran Jawa Pos lainnya, Yusuf pernah dituding ada dibalik penganiayaan seorang aktivis lingkungan hidup, Abikusno Nachran. Kasus pemukulan terjadi November 2001.

Saat itu, Abikusno yang juga wartawan lokal menerbitkan tulisan mengenai kasus penyelundupan kayu ke Tiongkok yang diduga melibatkan kerabat Sugianto.     

Yang membuat Sugianto geram, akibat tulisan wartawan tersebut Departemen Kehutanan melakukan penindakan dengan menyita kayu yang akan diselundupkan. 

Awalnya, Sugianto Sabran dikenal dengan nama Yusuf Sugianto. “Saat terlibat illegal logging namanya berganti menjadi Yusuf Sugianto,” ujar sumber Jawa Pos (induk JPNN).

NAMA Sugianto Sabran ikut mencuat seiring dengan penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto alias BW oleh Bareskrim Mabes Polri, Jumat (23/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News