Mantap! Gula Aren Cair Asal Sumut Berkali-kali Sukses Tembus Pasar Dunia

Mantap! Gula Aren Cair Asal Sumut Berkali-kali Sukses Tembus Pasar Dunia
Owner Puri Food dan Healthy Putri Nasution (kiri) berharap gula aren cair asal Sumut semakin luas pasarnya. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, MEDAN - Gula aren cair asal Sumatera Utara (Sumut) berkali-kali menembus pasar Malaysia, Kazakhstan, Thailand, Belanda hingga Jepang, serta berpartisipasi pada pameran di Arab Saudi.

Gula aren cair ini memiliki potensi yang sangat menjanjikan, terbukti Puri Food dan Healthy meraih omzet 800 juta setahun.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus memacu dan mendorong pelaku usaha perkebunan agar membuat terobosan atau berinovasi menciptakan produk turunan yang lebih beragam, serta pengembangan produk turunan yang bernilai tambah dan berdaya saing.

Tujuannya agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri serta pengembangan pertanian, termasuk perkebunan yang maju, mandiri dan modern.

Mentan Syahrul menyampaikan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada rapat terbatas dalam rangka memperkuat ekonomi sektor pertanian, pekebun perlu didorong dari on farm menuju off farm melalui hilirisasi produk perkebunan untuk memberikan nilai tambah yang dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Menurutnya, perlu kerja sama antara pekebun dengan pelaku UMKM untuk mengakselerasi hilirisasi produk perkebunan dimaksud.

"Kementerian Pertanian support hal tersebut, menggerakan jajarannya khususnya Ditjen Perkebunan agar meningkatkan produk potensial yang perlu dibina dan membantu UMKM yang membutuhkan bahan baku atau ekspansi,” ujar Mentan Syahrul, Minggu (6/8).

Terpisah, Putri Nasution yang merupakan pelaku usaha gula aren cair sekaligus Dosen Bahasa dan Kewirausahaan di Universitas Sumatera Utara menyampaikan potensi gula aren cair sangat besar dan menjanjikan.

Gula aren cair asal Sumut berkali-kali tembus pasar dunia, seperti Malaysia, Thailand, Belanda hingga Jepang, serta berpartisipasi pada pameran di Arab Saudi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News