Manuver PAN Akan Membantu Ganjar Terbebas dari Belenggu PDIP

Manuver PAN Akan Membantu Ganjar Terbebas dari Belenggu PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyerahkan rekomendasi kepada Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur Jawa Tengah di DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar komunikasi politik Jamiluddin Ritonga menilai pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membuat peluang Ganjar Pranowo diusung PDIP makin sempit.

Namun, dia yakin hal itu bukanlah sesuatu yang terlalu dipedulikan oleh Ganjar.

"Bagi Ganjar tampaknya tak soal dicoret dari PDIP, Hal terpenting baginya, ia bisa nyapres tanpa memandang perahunya dari mana. Karena menjadi capres memang sudah menjadi ambisinya," ujarnya, Kamis (2/3).

Jamiluddin mengatakan sikap terbuka Zulhas akan membuat Megawati Soekarnoputri tampaknya semakin kukuh tidak akan mengusung Ganjar.

Megawati tipe pemimpin yang tidak mau menyerah dengan tekanan. 

"Karena itu, Ganjar justru mengharapkan Megawati lebih cepat memutuskan capres dari PDIP. Dengan begitu, ia sudah lepas dari belenggu PDIP," tambahnya.

Jamiluddin juga menilai niat PAN mengusung Ganjar tampaknya inkonsisten dengan komitmennya saat membentuk KIB bersama Golkar dan PPP.

Tiga partai yang bergabung dalam KIB awalnya komitmen akan mencalonkan kader masing-masing.

Jamiluddin mengatakan sikap terbuka Zulhas akan membuat Megawati Soekarnoputri tampaknya semakin kukuh tidak akan mengusung Ganjar Pranowo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News