Selasa, 13 November 2018 – 01:19 WIB

Marah, Panglima Penjaga Danau Toba jadi Awan Hitam Berputar

Rabu, 27 Juni 2018 – 12:25 WIB
Marah, Panglima Penjaga Danau Toba jadi Awan Hitam Berputar - JPNN.COM

Sori Mangaraja Sitanggang, paranormal terkenal, menyebut bahwa penyebab tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun karena Appilaos, panglima penjaga Danau Toba, memang sedang marah.

Mengapa marah? Menurut Sori Mangaraja, Appilaos marah karena upacara penghormatan melalui margondang di Danau Toba sudah diabaikan.

Padahal seharusnya, margondang di Danau Toba harus dilakukan untuk menghormati ‘penghuni’ danau sebelum melakukan kegiatan kebudayaan di darat, terutama Pulau Samosir.

Sekali lagi ditekankan bahwa berdasarkan keyakinannya, tenggelamnya KM Sinar Bangun bukanlah akibat kemarahan penghuni Danau Toba (Namboru pangisi ni Tao). Sebab papar Sori, penghuni Danau sangat jarang marah.

Dari sudut spiritual, lanjut Mangaraja, Appilaos setiap kali hendak menghukum warga sekitar, terlihat dalam bentuk awan hitam berputar yang turun ke atas Danau Toba. Fenomena ini menjadi pertanda bagi masyarakat agar lebih berhati-hati dalam berlayar.

Terkait dengan ritual gondang dan mangelek yang telah diadakan oleh beberapa orang sebelumnya, menurut Sori Mangaraja, yang paling penting diperhatikan adalah kepada siapa ritual mangelek itu ditujukan.

BACA JUGA: Panglima Penjaga Danau Toba Sedang Marah, Duuh

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar