Marapi Semburkan Belerang, Warga Senang

Marapi Semburkan Belerang, Warga Senang
Marapi Semburkan Belerang, Warga Senang
PADANG - Semburan abu vulkanik  tidak mengganggu aktivitas warga sekitar Marapi, Padang, Sumatera Barat. Sejak gunung mengeluarkan debu vulkanik sebulan yang lalu hampir tiap hari asap keluar dari kepundannya, namun kondisi itu belum mengakibatkan warga khawatir. Bahkan sebaliknya, warga senang dengan adanya aktivitas yang ditunjukkan Marapi.

"Ini (aktivitas Marapi, red) pertanda bagus. Dengan keluarnya debu vulkanik tanah disekitar Marapi jadi subur. Tapi warga tetap waspada," ujar Mak Katik, warga sekitar Marapi kepada Padang Ekspres (JPNN Grup), Senin (3/10).

Sehari sebelumnya, Manajer Pusdalops PB Sumbar Ade Edwar menyebutkan, pusat gempa yang mengguncang siang kemarin berada di dekat pusat gempa 7,9 SR pada 30 September 2009 silam. Namun, hingga tadi malam belum ada laporan adanya korban dan bangunan rusak akibat gempa itu. "Meskipun begitu, kita mesti senantiasa meningkatkan kewaspadaan. Gempa itu berada dekat pusat gempa 30 September 2009,"kata Ade Edward.

Sedangkan Gunung Marapi, Ade membeberkan memang saat ini aktivitasnya terus meningkat. Jika ditarik garis lurus, posisi gempa kemarin berhadapan langsung dengan gunung api itu. "Tapi belum ada penelitian yang membuktikan, apakah ada patahan gempa kemarin yang terkait dengan gunung api tersebut," katanya.

PADANG - Semburan abu vulkanik  tidak mengganggu aktivitas warga sekitar Marapi, Padang, Sumatera Barat. Sejak gunung mengeluarkan debu vulkanik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News