Marapi Semburkan Vulkanik Setinggi 1.500 Meter

Marapi Semburkan Vulkanik Setinggi 1.500 Meter
Marapi Semburkan Vulkanik Setinggi 1.500 Meter
BUKITTINGGI--Gunung Marapi kembali menyeburkan abu vulkanik, Rabu (26/9) sekitar sekitar 16.40 WIB. Letusan itu termasuk terkuat sejak aktivitas gunung meningkat pada 3 Agustus 2012 lalu. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Pos Pemantau Gunung Api mencatat, tinggi abu vulkanik yang disemburkan mencapai 1.500 meter dari puncak gunung.

Semburan abu vulkanik dari puncak gunung berketinggian 2.891 meter dari permukaan laut (mdpl) itu, mengarah ke bagian timur setelah ditiup angin. "Sampai saat ini, PVMBG belum mendapat laporan dari warga, daerah mana saja dihujani abu vulkanik," katanya.

Semburan abu vulkanik terlihat dari kejauhan, seperti di Kota Bukittinggi, Padangpanjang, Payakumbuh, Kabupaten Tanahdatar dan Agam. Meski begitu, statusnya hingga tadi malam masih bertahan di level Waspada.

Sehari kemarin, baru satu kali Marapi meletus disertai abu vulkanik, dengan amplitodu akibat letusan mencapai 45 milimeter. Selama September 2012, Gunung Marapi sendiri telah mengalami letusan sebanyak enam kali, gempa tektonik dalam sebanyak 12 kali dan gempa tektonik dangkal 21 kali.

BUKITTINGGI--Gunung Marapi kembali menyeburkan abu vulkanik, Rabu (26/9) sekitar sekitar 16.40 WIB. Letusan itu termasuk terkuat sejak aktivitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News