Marc Marquez Tidak Mau Finis ke-11 di MotoGP Valencia

Marc Marquez Tidak Mau Finis ke-11 di MotoGP Valencia
Marc Marquez (93) memimpin balapan. Foto: AFP

jpnn.com, VALENCIA - Petahana MotoGP, Marc Marquez kemungkinan besar bakal main aman di MotoGP Valencia, Minggu (12/11) nanti, untuk memastikan gelar juara dunia.

Di MotoGP Malaysia pekan kemarin, Bayi Alien, julukan Marquez, sudah melakukan hal terbaik untuknya. Dia tida memaksakan diri memenangi race di Sepang. Rider Repsol Honda itu memiliha gaya koservatif.

Marquez finis di posisi keempat di Malaysia. Sebenarnya dia bisa mengunci gelar juara dunia keempatnya di Sepang andai saja bisa finis runner up. Namun dalam kondisi trek basah Marquez lebih memikirkan gelar juara dibandingkan hasil bagus. Dia memutuskan untuk bermain jangka panjang. Mengulur pertarungan perebutan gelar juara dunia sampai di seri terakhir.

Keputusan itu memiliki risiko lebih kecil. Karena jika dia memaksakan finis runner up di Malaysia, tapi mengalami kecelakaan dan gagal finis, keunggulan poinnya bakal terkepras signifikan. Dari 33 menjadi 8 poin. Karena di Sepang, rival terdekatnya Andrea Dovizioso (Ducati) menang dan meraih poin sempurna 25.

Langkah konservatif tersebut akan memudahkan misinya di Valencia nanti. Marquez hanya butuh finis di posisi sebelas untuk bisa mempertahankan gelar juara MotoGP-nya tahun lalu. Sementara di pihak lawan, tidak ada pilihan lain kecuali menang di Valencia. Misi yang teramat berat bagi Andrea Dovizioso dan Ducati.

Buat Marquez, jika motornya tidak bermasalah dan insiden kecelakaan tidak terjadi, finis di posisi sebelas terlalu mudah. Asal tahu saja, sepanjang musim 2017 finis terburuk Marquez adalah di posisi enam di GP Italia. Selain itu finis keempat di Qatar dan Malaysia, adalah dua hasil “buruk” di luar podium.

Walaupun, Marquez juga mengalami retire sampai tiga kali musim ini. Artinya, seburuk-buruknya balapan Marquez tidak akan sulit untuk finis 10 Besar. ''Saya tidak suka terjebak di antara pembalap di kelompok tengah. Saya berusaha mencari feeling yang bagus, meski para rider Ducati sangat cepat (di Malaysia). Jadi saya putuskan untuk tidak mengambil terlalu banyak risiko, membalap dengan tenang, dan berusaha meraih poin terbaik,'' ucapnya.

Rasanya di Valencia nanti, Ducati harus mengerahkan semua potensinya untuk menjebak Marquez di tengah rombongan di barisan tengah. Menekannya terus agar melakukan kesalahan. Karena hanya dengan retire peluang Dovi juara sangat besar. Marquez sendiri memastikan tidak akan kendor di seri terakhir menghadapi Ducati. ''Saya tidak akan membalap untuk finis ke-11,'' ucapnya. (cak)


Marc Marquez punya pilihan main aman di MotoGP Valencia 12 November nanti untuk memastikan gelar juara dunia MotoGP musim ini.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News