Mardani Maming Dorong Daerah Penyangga IKN Segera Garap Peluang

Mardani Maming Dorong Daerah Penyangga IKN Segera Garap Peluang
Ketua Umum HIPMI Mardani H Maming saat berbicara pada acara deklarasi masyarakat adat Dayak se-Kalimantan mendukung IKN. Foto: Firman/ANTARA

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum HIPMI Mardani H Maming mendorong wilayah penyangga ibu kota negara (IKN) tidak hanya provinsi di Kalimatan, tetapi juga Sulawesi untuk segera berbenah.

"Semua harus bersiap agar benar-benar terkoneksi dengan pusat IKN di Kaltim," kata Mardani, Jumat (25/2).

Menurut Mardani, daerah yang dekat atau terkoneksi langsung dengan IKN sangatlah menguntungkan, seperti wilayah sekitar yang turut maju hingga menciptakan daerah satelit, seperti Banten, Jawa Barat hingga Lampung.

"Potensi strategis ini benar-benar harus dimanfaatkan pemerintah daerah, termasuk kalangan pengusaha muda yang tergabung di HIPMI. Pastikan ketersediaan aksesbilitas transportasi laut dan udara," kata pemilik PT Maming Enam Sembilan itu.

Untuk itu, Mardani berharap infrastruktur strategis yang terkoneksi langsung dengan IKN menjadi prioritas utama pemerintah daerah setempat ke depannya.

Mardani mencontohkan kawasan yang berpotensi maju dengan adanya IKN adalah Sulawesi Barat yang jadi pintu gerbang segitiga menghubungkan Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Timur.

Kawasan segitiga emas tersebut dapat berkembang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru, baik sektor perdagangan, jasa maupun industri yang menopang di sekitar IKN.

Untuk mendorong ekonomi suatu wilayah untuk menopang IKN, tambah dia, diperlukan pengusaha tangguh yang bekerja untuk kepentingan luas dan senantiasa berkolaborasi bersama pemerintah untuk sama-sama memajukan daerah.

Di Kalimantan sendiri, Mardani mengajak anak mudanya dapat meningkatkan kapasitas untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul.

Ketua HIMPI Mardani Maming mendorong daera penyangga IKN segera menggarap peluang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News