Marinir AS Ciptakan Robot MacGyver

Marinir AS Ciptakan Robot MacGyver
Marinir AS Ciptakan Robot MacGyver
GEORGIA--Sebuah tim Marinir AS merencanakan untuk membangun sebuah robot sepintar "MacGyver".  Robot ini dirancang agar dapat menggunakan segala macam benda terdekatnya untuk memecahkan masalah bahkan juga upaya meloloskan diri ancaman. Robot yang dijuluki MacGyver Bot bakal dibangun bersama para peneliti Robotika di Georgia Institute of Technology. Untuk pendanaan proyek, pihak angkatan laut paman sam  dana sekitar USD900 ribu atau setara Rp8,5 miliar.

Menurut penjelasan laman BBC, tantangan proyek ini adalah mengembangkan sebuah perangkat lunak yang mampu memahami dan menyimpulkan apakah objek terdekatnya dapat digunakan, serta bagaimana menggunakannya untuk keperluan tersebut. Angkatan Laut AS sendiri  menyatakan, mesin ini kemungkinan akhirnya ditempatkan bersama manusia.

"Tujuan kami mengembangkan sebuah robot yang berperilaku seperti MacGyver, karakter televisi dari tahun 1980-an yang memecahkan masalah kompleks dan melarikan diri dari situasi berbahaya dengan menggunakan benda sehari-hari dan bahan-bahan yang ditemukan," kata pemimpin proyek Prof Mike Stilman.

Pihaknya sendiri pertama kali akan membuat perangkat lunak yang mampu mengidentifikasi objek. Baru kemudian ditentukan potensi hal-hal lain yang bisa dilakukan dengan itu, sebelum mengubahnya menjadi purwarupa sederhana yang dapat digunakan untuk menyelesaikan aksi. Contoh-contoh yang diberikan termasuk menumpuk kotak, memanjat pagar, membangun jembatan dari puing-puing atau mendaki di kursi untuk meraih sebuah objek di luar jangkauan.

GEORGIA--Sebuah tim Marinir AS merencanakan untuk membangun sebuah robot sepintar "MacGyver".  Robot ini dirancang agar dapat menggunakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News