Markas KKB di Ilaga Dikuasai Pasukan TNI-Polri, Mereka Sudah Lemah, Menebar Hoaks

Markas KKB di Ilaga Dikuasai Pasukan TNI-Polri, Mereka Sudah Lemah, Menebar Hoaks
Pasukan TNI ikut memburu para anggota KKB di Papua. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa meyakini Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua tengah melemah.

Hal itu terindikasi dari langkah kelompok teroris tersebut yang rajin menebar kabar bohong alias hoaks untuk memprovokasi masyarakat.

Perwira menengah itu lantas mencontohkan kabar bohong dari KKB, antara lain menuding TNI-Polri merusak sebuah gereja hingga mengakibatkan tiga perempuan tewas.

Suriastawa pun membantah narasi tersebut. "Tidak ada kejadian seperti yang diberitakan itu," beber dia dalam keterangan persnya, Selasa (18/5).

Tidak hanya ikut menyebarkan berita bohong, kata Suriastawa, kelompok teroris di Papua itu juga menggandeng pendukungnya untuk menyebarkan informasi sesat.

Para pendukung itu menutup mata atas kekejian teroris KKB. Mereka kerap mengabaikan berbagai aksi teror yang membuat masyarakat menjadi korban.

"Kalau teroris membakar sekolah, membunuh guru dan menebar teror lain, pendukung mereka (teroris KKB, red) ini tidak komentar apa pun," ujar Suriastawa.

Tim aparat gabungan TNI-Polri hingga kini masih memburu KKB di Papua menyusul keputusan pemerintah menetapkan organisasi itu sebagai teroris. 

Kolonel Czi IGN Suriastawa menyebut kekuatan teroris KKB di Papua melemah, berikut ini indikasinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News