'Market Share' Perbankan Syariah Ditarget 20 Persen

'Market Share' Perbankan Syariah Ditarget 20 Persen
'Market Share' Perbankan Syariah Ditarget 20 Persen
JAKARTA - Meskipun saat ini market share yang dimiliki oleh perbankan syariah hanya mencapai 3 persen, dalam waktu lebih dari lima tahun dipastikan akan naik hingga mencapai 20 persen. Hal itu antara lain dikatakan oleh Ketua Komite Tetap Keuangan dan Perbankan Syariah, Abbas Adhar.

Abbas mengatakan bahwaperbankan syariah sangat cocok untuk masyarakat Indonesia yang memang sebagian besar adalah umat muslim. Disebutkannya, pangsa pasar di beberapa negara mayoritas muslim lainnya bisa dikatakan lebih tinggi dari Indonesia. Di Malaysia misalnya, pangsa pasarnya bisa mencapai 13 persen, sementara Arab Saudi bisa mencapai 60 persen, dan Bangladesh 10 persen.

"Hal ini disebabkan karena mereka sudah lebih dulu memperkenalkan sistem syariah kepada masyarakatnya," jelasnya.

Abbas menjelaskan, mengenai peraturan-peraturannya juga harus disyariahkan, karena ekonomi syariah bukan hanya perbankan saja. Ekonomi syariah juga menyangkut asuransi, multifinance, dan pegadaian. Seperti yang diketahui, syariah itu sendiri sistemnya adalah bagi hasil dan tidak menggunakan sistem perbankan konvensional.

JAKARTA - Meskipun saat ini market share yang dimiliki oleh perbankan syariah hanya mencapai 3 persen, dalam waktu lebih dari lima tahun dipastikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News