Maruarar Beber Kunci Sukses Piala Presiden di Depan Ketua DPR

Maruarar Beber Kunci Sukses Piala Presiden di Depan Ketua DPR
Ketua DPR Ade Komarudin dan Ketua Panitia Pengarah Piala Presiden 2015 Maruarar Sirait di Jakarta, Senin (18/1) malam. Foto: SC Piala Presiden for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Panitia Pengarah Piala Presiden 2015 menggelar syukuran atas suksesnya turnamen yang berlangsung sejak 30 Agustus hingga 18 Oktober tahun lalu. Dalam syukuran yang digelar di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/1) malam, Ketua Panitia Pengarah (SC) Piala Presiden 2015, Maruarar Sirait membeber hal-hal yang menjadi kunci sukses turnamen yang akhirnya dimenangi Persib Bandung itu.

Ara -sapaan Maruarar- mengatakan, Piala Presiden 2015sama sekali tidak menggunakan dana APBN. “Semuanya dari pihak swasta,” katanya di acara yang juga dihadiri Ketua DPR Ade Komarudin, perwakilan Kemenpora, klub peserta dan panitia penyelenggara itu.

Namun, katanya, semua tetap menjalani proses audit. Ia menegaskan, audit tidak hanya pada pemasukan dan pengeluaran dana,  tetapi juga  setiap penyelenggaraan dan laga Piala Presiden 2015.

Maruarar pun telah menunjuk lembaga audit Price Waterhouse Cooper (PwC) Indonesia untuk mengaudit seluruh penyelenggaraan Piala Presiden 2015. “Dan hasil auditnya telah dilaporkan kepada Pak Presiden Jokowi (Joko Widodo, red) minggu lalu. Hasilnya wajar tanpa pengecualian," katanya.

Namun, anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan itu juga menegaskan bahwa kesuksesan Piala Presiden 2015 tak terlepas dari dukungan semua pihak. Hal yang selalu diterapkan Maruarar agar Piala Presiden bisa sukses adalah pesan dari Presiden Jokowi.

Ara menuturkan, ada lima pesan dari Presiden Jokowi demi suksesnya Piala Presiden. Pertama adalah transparansi. “Karena itu setiap pertandingan dan seluruh penyelenggaraannya diaudit,” katanya.

Yang kedua adalah menjamin asas fair play. Dengan demikian laga-laga di Piala Presiden tak tercemar oleh pengaturan skor. “Ini hal yang sangat mahal dan penting dalam pertandingan,” katanya.

Sedangkan pesan Jokowi yang ketiga adalah memajukan prestasi sepak bola nasional. “Pesan Pak Jokowi, Piala Presiden bisa memunculkan pemain-pemain berkualitas,” tuturnya.

JAKARTA - Panitia Pengarah Piala Presiden 2015 menggelar syukuran atas suksesnya turnamen yang berlangsung sejak 30 Agustus hingga 18 Oktober tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News