Ma'ruf Amin Siap Debat Tanpa Kisi-Kisi Pertanyaan 

 Ma'ruf Amin Siap Debat Tanpa Kisi-Kisi Pertanyaan 
Foto: Kiai Ma'ruf Amin saat menyambangi relawan di Cigugur Girang, Bandung Barat, Minggu (20/1). Foto: Boy/JPNN

jpnn.com, BANDUNG - Cawapres KH Ma'ruf Amin menyatakan siap jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak memberikan kisi-kisi pertanyaan untuk debat Pilpres 2019 nanti.

Dia mengaku sangat menghargai apa yang diputuskan KPU. "Kami selalu siap saja dengan apa yang diputuskan KPU. Kami menerima hasil kesepakatan apa saja, dan mengikuti saja," kata Kiai Ma'ruf usai silaturahmi dengan ulama se-Bandung Raya, di Pondok Pesantren Riyadlul Huda Ngamprah, Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (20/1).

Dia menegaskan hal itu tidak menjadi masalah bagi Jokowi - KH Ma'ruf Amin. Sebab, ketika sudah menjadi keputusan, maka harus siap menjalankannya. "Ya kalau sudah menjadi keputusan, harus siap," kata Kiai Ma'ruf.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi - Kiai Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily mengatakan bukan pihaknya yang dari awal meminta adanya kisi-kisi tersebut. 

"Kami tahu juga bahwa dalam format debat yang pertama itu siapa yang mengusulkan soal kisi-kisi. Yang jelas bukan kami," ungkap Ace di lokasi yang sama. 

Menurut dia, pasangan nomor urut 01, sangat siap dengan format apa pun. Jokowi - KH Ma'ruf akan selalu ingin mengeksplorasi lebih jauh tentang kedalaman visi misi dan program-program. 

"Bisa lihat kemarin debat yang pertama, justru paslon 01 yang paling original, paling siap, dan paling konkret. Jadi tidak benar kalau di sosmed dikatakan kami yang mencontek," kata Ace.

Seperti diketahui, Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi adanya kisi-kisi pertanyaan kepada kandidat.

Kubu Jokowi - Ma'ruf membantah meminta kisi - kisi sebelum mengikuti debat capres 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News