Ma'ruf Amin Temukan Cara Atasi Pembatasan Waktu Bicara di Debat Cawapres

Ma'ruf Amin Temukan Cara Atasi Pembatasan Waktu Bicara di Debat Cawapres
KH Ma'ruf Amin dan Koordinator Media TKN Monang Sinaga. Foto: TKN Jokowi - Ma'ruf

jpnn.com, JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengaku siap menghadapi debat cawapres, Minggu (17/3).

Ma'ruf menegaskan tidak ada satu pun materi yang membebani pikirannya. “Persiapan debat biasa saja. Saya jalan, jalan saja. Ngobrol-ngobrol saja, enggak ada yang spesifik,” kata Ma'ruf dalam keterangan pers, Jumat (15/3).

“Intinya debat itu bagaimana membangun Indonesia maju lebih baik dari yang sekarang, lebih meningkatkan, lebih menyempurnakan, lebih menambah lagi. Itu saja. Tinggal mengikuti alur debat, ikut apa yang dikatakan panelis dan moderator,” ujarnya.

(Bacalah: Ini Pesan Jokowi kepada Kiai Ma'ruf untuk Hadapi Sandi Saat Debat)

Ma'ruf mengaku pembatasan waktu berbicara di saat debat berlangsung masih menjadi masalah pribadinya. Karena sebagai ulama, dia terbiasa bicara panjang menyampaikan gagasan.

"Biasanya bicara lepas satu jam dua jam. Ketika dibatasi, ya tentu tidak mudah. Saya mesti menyesuaikan diri,” imbuhnya.

Ma'ruf Amin Temukan Cara Atasi Pembatasan Waktu Bicara di Debat Cawapres

Saat ditanya mengenai siasat untuk mengatasi terbatasnya waktu untuk mengungkapkan gagasan, dia menjawab sudah menemukan caranya. Namun, Ma'ruf merahasiakannya. “Ya adalah, caranya ada. Bagaimana, lihat saja nanti,” pungkasnya. (*/adk/jpnn)


Ma'ruf Amin terbiasa bicara panjang menyampaikan gagasan, bisa satu hingga dua jam.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News