Ma'ruf Harap Moderator Debat Pilpres Netral

Ma'ruf Harap Moderator Debat Pilpres Netral
Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin (pegang mik) di sela-sela silaturahmi dan istigasah korban bencana tsunami Selat Sunda di Pesantren Mathlaul Anwar Linahdlatil Ulama, Banten, Sabtu (29/12). Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tidak ambil pusing dengan pemilihan moderator yang akan membawa acara debat kandidat pilpres pada 17 Januari 2019 mendatang.

Berdasarkan putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, dipilih Ira Koesno dan Imam Priyono sebagai moderator.

"Saya kira kalau moderator siapa saja, kami terserah siapa yang dipilih KPU," kata Ma'ruf di sela-sela acara silaturahmi dan istigasah korban tsunami Selat Sunda di Pesantren Mathlaul Anwar Linahdlatil Ulama di Banten, Sabtu (29/12).

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengaku tidak masalah siapa pun moderator debat. Yang terpenting, menurut Ma'ruf, moderator harus berimbang.

"Penting moderator itu tidak memihak, dia menyampaikan secara objektif dan tidak menyudutkan salah satu pihak sehingga, pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan itu sesuai dengan skenario," kata Ma'ruf.

Oleh karena itu, ketua umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menyerahkan sepenuhnya pemilihan moderator kepada KPU.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan dua moderator untuk debat pertama bagi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Rencananya, debat perdana itu akan digelar pada 17 Januari 2019 di Jakarta.

KPU telah memutuskan dua moderator untuk debat pilpres pertama bagi pasangan capres cawapres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News