Marwan Jafar Banggakan Kemajuan Desa di Depan Pak JK

Marwan Jafar Banggakan Kemajuan Desa di Depan Pak JK
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pembangunan dan Pemberdayaan Desa di Jakarta, Senin (22/2). Foto: Kementerian DPDTT for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar menyatakan, ada progres menggembirakan dalam hal pembentukan badan usaha milik desa (BUMDes). Menurutnya, sepanjang 2015 lalu jumlah BUMDes meningkat signifikan.

“BUMDes sampai akhir Tahun 2015 sudah terbentuk 12.115  BUMDes. Dari data awal hanya sebesar 4000 BUMDes,” ujar Marwan pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pembangunan dan Pemberdayaan Desa di Jakarta, Senin (22/2).

Di acara yang juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla itu Marwan juga mengatakan, saat ini telah tersedia 34.878 tenaga ahli dan pendamping desa yang bertugas mengawal penggunaan dana desa secara efektif. Sedangkan dana desa yang digelontorkan pada 2015 lalu dimanfaatkan untuk berbagai program. Antara lain pembangunan sarana dan prasarana permukiman desa, penunjang ekonomi, transportasi desa, elektrifikasi, hingga telekomunikasi desa.

Marwan juga membeberkan kebanggannya seiring telah terdistribusikannya bantuan teknologi tepat guna penunjang ekonomi pada 92 desa, serta tercapaianya pemberian Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) penunjang akses layanan pendidikan dan kesehatan di 5.744 desa.

Selain itu, pada 19 Oktober 2015 lalu juga telah diluncudkan program Indeks Desa Membangun (IDM). “Program BLM ini direalisasikan melalui program PNPM Generasi Sehat & Cerdas. Sedangkan IDM, diluncurkan sebagai rujukan penetapan sasaran prioritas pembangunan desa dalam satu periode pemerintahan Kabinet Kerja,” ujarnya.(gir/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News