Marwan Jafar Bangun Sinergi dengan Filipina Demi Desa Mandiri

Marwan Jafar Bangun Sinergi dengan Filipina Demi Desa Mandiri
Marwan Jafar. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - MANILA - ‎Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar menggelar pertemuan dengan sejumlah pejabat dari pemerintahan Filipina, dalam kunjungan kerjanya ke Filipina, Sabtu (20/2). 

Dalam pertemuan Marwan mengatakan, usaha kecil dan menengah (UKM) di desa dan daerah pedesaan, perlu mendapatkan dorongan untuk meningkatkan laju desa dan ekonomi pedesaan. 

“UKM bisa menjadi entitas ekonomi yang penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di desa dan daerah pedesaan,” ujar Marwan.

Namun begitu, Marwan menyadari membangun UKM memiliki sejumlah tantangan. Terutama pada pengelolaan. Karena itu, pertemuan antara Indonesia dan Filipina perlu berbagi metode sebagai upaya mempromosikan UKM desa dan pedesaan.

“Dalam mendorong kemajuan UKM, tidak hanya membutuhkan pengembangan infrastruktur, tetapi juga penting pemberdayaan masyarakat melalui penyediaan program pelatihan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan pengolahan dan pengelolaan,” ujarnya.

Menurut Marwan, potensi desa yang bisa dipromosikan tidak hanya kapasitas produksi, tapi juga nilai tambah produk untuk meningkatkan pendapatan desa dan pedesaan masyarakat.

“Saya berharap bahwa melalui kunjungan kehormatan ini, Indonesia-Filipina dapat bersinergi membangun kerja sama guna mendorong desa mandiri bagi kedua negara," ujarnya.

Dalam pertemuan, Marwan ‎menginformasikan terkait rencana penyelenggaraan Forum Internasional pembangunan Desa yang akan diselenggarakan pada Juli mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News