Marwan Jafar Minta Pemerintah Bentuk Relawan-Pejuang untuk Melawan Virus Corona

Marwan Jafar Minta Pemerintah Bentuk Relawan-Pejuang untuk Melawan Virus Corona
Ketua Dewan Pembina Laskar Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja) Marwan Jafar. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Marwan Jafar merasa terketuk hati dan pikirannya serta amat prihatin mencermati perkembangan penyebaran virus corona atau Covid-19 khususnya di Indonesia. Dia pun menyampaikan sejumlah solusi terkait masalah ini.

Pertama, ia mengapresiasi dan menyetujui langkah pemerintah yang telah menetapkan situasi Tanah Air kita saat ini sebagai kondisi bencana nasional akibat dampak virus penyakit corona. Dia menegaskan hal itu sebagai langkah yang positif serta akan berdampak baik pada pelibatan kepada seluruh elemen bangsa.

"Saya mengajak para pemangku kepentingan untuk bersama-sama mecegah dan menangani agar virus corona tidak makin meluas ke seluruh Indonesia," ujar Marwan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/3).

Marwan menambahkan, hal itu merupakan wujud dari kepedulian negara demi keselamatan segenap rakyat, sekaligus sikap tanggap-cepat terkait bahaya virus corona yang dapat berdampak negatif pada sektor ekonomi serta masalah sosial dan pikologis.

Kedua, Marwan mengusulkan agar secara serius dan sungguh-sungguh dibentuk Relawan-Pejuang untuk melawan virus corona. Langkah ini sekaligus sebagai bentuk kegotongroyongan dan solidaritas sosial rakyat Indonesia.

"Relawan-Pejuang ini bisa membentuk posko-posko pelayanan di seluruh Indonesia buat mendeteksi-melacak (tracing) adanya warga yang terduga (suspect) virus Corona. Anggotanya bisa berasal dari ormas, organisasi profesional mulai dari para peneliti, dokter maupun organisasi ahli-medis, organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa, kepramukaan, kampus, kalangan insan pers, serta sebaiknya melibatkan WHO," ujar legislator Fraksi PKB ini.

Ketiga, lanjut dia, pasien yang terindikasi (suspect) mesti disediakan rumah sakit khusus buat menangani pasien corona atau sebaiknya tidak dicampur dengan pasien biasa. Termasuk memanfaatkan fasilitas lain seperti hotel yang sudah dimodifikasi, untuk mengisolasi orang dengan terduga virus corona.

"Seiring melengkapi kesiapan rumah-sakit yang ada, pemerintah dapat segera menyiapkan satu atau dua hotel di seluruh Indonesia, terutama daerah-daerah yang penyebaran virus coronanya banyak, menjadi rumah-sakit siap tampung orang suspect corona, dengan tenaga medis, obat dan alat kesehatan yang diperlukan. Ini akan sangat memperlihatkan upaya kesiapan pemerintah mengantisipasi kemungkinan terburuk dan jadi gesture sangat kuat menenangkan warga masyarakat secara psikologis," tukasnya.

Anggota DPR RI Marwan Jafar merasa terketuk hati dan pikirannya serta amat prihatin mencermati perkembangan penyebaran virus corona atau Covid-19 khususnya di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News