Marwan Jafar: Pembangunan Industri Nasional Harus Menjadi Prioritas

Marwan Jafar: Pembangunan Industri Nasional Harus Menjadi Prioritas
Marwan Jafar. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Marwan Jafar mengatakan bahwa prioritas pembangunan industri nasional di sektor industri manufaktur sudah selayaknya didukung secara kritis, seraya tetap menjaga keterkaitan kesinambungannya.

Menurut dia, sektor industri manufaktur juga akan banyak menyerap tenaga kerja siap pakai, mampu mengundang investor serta berkontribusi terhadap pendapatan nasional dan pertumbuhan perekonomian. Sekaligus diharapkan dapat menekan defisit neraca pembayaran dan neraca perdagangan.

"Selain bertugas mengawasi secara kritis, kami juga akan terus mendorong dan mengawal ketat sejumlah program prioritas pembangunan industri nasional yang sedang dan akan ditempuh pemerintah," kata Marwan dalam siaran persnya, Senin (10/2).

Politikus PKB itu menambahkan pihaknya akan fokus mengawal seberapa besar penyerapan tenaga kerja yang dapat tercapai, maupun peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Kami akan fokus menyoroti aspek seberapa besar penyerapan tenaga kerja yang dapat tercapai, termasuk dalam konteks meningkatkan keahlian dan daya saing sumber daya manusia di bidang perindustrian di era millenial saat ini dan ke depan," katanya.

Legislator di komisi yang membidangi perindustrian dan investasi itu menambahkan aspek transformasi sektor industri manufaktur juga diharapkan mampu menopang pembangunan wilayah-wilayah industri baru di banyak lokasi di Sumatera, Kalimantan Selatan, Madura, Maluku Utara, Sulawesi Utara dan Papua Barat.

Selain itu, pengembangan sektor industri kecil dan menengah (IKM) juga perlu mendapat perhatian serta dilibatkan secara khusus seiring pembangunan beberapa wilayah industri baru sebagai penggerak perekonomian di daerah.

Mantan menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) itu juga mengingatkan, sesuai program prioritas Making Indonesia 4.0, pemerintah dikabarkan fokus mengakselerasi sektor manufaktur melakukan transformasi ke arah digitalisasi.

Anggota Komisi VI DPR Marwan Jafar mengatakan bahwa prioritas pembangunan industri nasional di sektor industri manufaktur sudah selayaknya didukung secara kritis,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News