Marwan Jafar Siap Jadi Sales Kreatif Pedesaan

Marwan Jafar Siap Jadi Sales Kreatif Pedesaan
Marwan Jafar. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar, mendapat dukungan dari musisi kenamaan Yovie Widiyanto, untuk bersama-sama mengembangkan wirausaha kreatif di pedesaan. Hal ini sejalan dengan program Nawakerja kementerian yang dipimpin Marwan.

Dukungan ini datang bukan tanpa alasan, karena Yovie dalam tiga tahun terakhir aktif di Pusat Studi Indonesia Cerdas, yang didirikannya. Yovie juga sudah kerap blusukan ke berbagai desa yang memiliki potensi ekonomi kreatif untuk melakukan studi dan memberikan motivasi.

"Ada 73 ribu desa di Indonesia, ini satuan kecil pemerintahan yang bisa menggerakkan kreatifitas. Saya percaya negara akan maju jika terdiri dari desa-desa kretaif. Bahwa ada yang masih tertinggal betul, tapi ada yang sudah maju dan mandiri," kata Yovie, Kamis (13/11).

Karena itu Yovie bersama organisasi yang didirikannya komit mendukung pemerintah mengembangkan kebudayaan, kearifan lokal dan industri ekonomi kreatif menuju desa Mandiri. Tidak hanya kesenian, musik, tapi semua sektor dan potensi yang ada di setiap desa.

"Kreativitas masyarakat lah yang harus kita bangkitkan. Ini penting karena industri kreatif berkembang pesat dewasa ini, sehingga pemerintah perlu memberdayakannya.

Pada kesempatan itu, Marwan Jafar mengapresiasi niat Yovie untuk bersama-sama memberdayakan potensi masyarakat pedesaan dengan cara mendukung pemberdayaan masyarakat desa. Mantan politikus PKB ini juga mengakui dari pengamatannya di pedesaan, banyak potensi yang selama ini diabaikan.

"Ini salah satu yang akan kita kedepankan menuju desa mandiri. Kalau perlu saya akan menjadi sales memasarkan hasil industri kreatif dari pedesaan untuk berada di pasaran dalam dan luar negeri, sehingga desa bisa mandiri," jelasnya.

Karena itu pula pada 2015 nanti, Kementerian PDT akan mengerjakan 9 gagasan yang disebut Marwan dengan Nawakerja, yang terangkum dalam dua program utama, yakni gerakan desa mandiri dan penguatan kelembagaan di pedesaan. Di antara program itu adalah gerakan desa mandiri di 3500 desa disertai pendampingan dan penguatan kelembagaan aparatnya.

JAKARTA - Menteri Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar, mendapat dukungan dari musisi kenamaan Yovie Widiyanto, untuk bersama-sama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News