Marwan Nilai Era New Normal Memerlukan Kedisiplinan ala Militer

Marwan Nilai Era New Normal Memerlukan Kedisiplinan ala Militer
Marwan Jafar. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Marwan Jafar mendukung pelaksanakan skema era normal baru dalam aktivitas sehari-hari di setiap lini dengan menerapkan disiplin ala militer serta perubahan yang sistemik.

"Kami melihat keinginan kuat pemerintah untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan roda ekonomi yang harus beranjak bergerak dan upaya sekuat tenaga untuk menangani penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) dengan segala sumber daya yang dimiliki negara dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan efektif," ujar Marwan Jafar yang juga Anggota Komisi VI FPKB DPR RI di Pati, Rabu (27/5).

Menurut dia istilah sederhananya menyeimbangkan antara madzhab ekonomi dan madzhab keselamatan, meskipun kasus COVID-19 masih cukup tinggi.

Apalagi, lanjut dia, jika dilakukan tes cepat (rapid test) corona secara massal di seluruh Tanah Air kemungkinan besar akan kelihatan jumlah kasus COVID-19, termasuk sejumlah daerah masuk zona merah, kuning, dan hijau, sekaligus untuk menjawab keraguan akan data yang dikeluarkan pemerintah.

"Sayangnya, instruksi Presiden untuk mengadakan tes massal minimal 10.000 per hari belum terlaksana. Kementerian dan lembaga serta otoritas yang menangani COVID-19 harus bahu-membahu, bersinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkannya, apalagi sebelum diberlakukan 'era new normal' atau istilah yang mudah dipahami warga desa 'era normal baru'," ujarnya.

Jika sampai saat ini belum terbukti, kata dia, tentunya ada yang perlu dievaluasi secara mendetail, menyeluruh, dan mencari solusi-solusi yang cepat dan tepat.

Terkait dengan gaya komunikasi publik pemerintah selama ini, dia menganggap, dengan bahasa yang kebarat-baratan, rakyat yang ada di seluruh pelosok Tanah Air, terutama yang hidup di daerah pinggiran atau perkampungan, belum tentu paham dengan bahasa Inggris seperti "new normal".

"Lebih baik, para pejabat menggunakan bahasa yang mudah dicerna dan dipahami rakyat kebanyakan. Saya usul menggunakan bahasa yang lebih sederhana 'ayo kerja lagi', atau bahasa daerah masing-masing," ujarnya.

Anggota DPR RI Marwan Jafar mendukung pelaksanakan skema era normal baru dalam aktivitas sehari-hari di setiap lini dengan menerapkan disiplin ala militer serta perubahan yang sistemik

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News