Mas AHY Jawara Survei, tapi Versi GRP

Mas AHY Jawara Survei, tapi Versi GRP
Agus Harimurti saat mengikuti debat di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1). Foto: HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS

jpnn.com - jpnn.com - Satu lagi lembaga survei yang meriset tingkat keterpilihan (elektabilitas) calon di pilkada DKI Jakarta. Kali ini ada PT Grup Riset Potensial (GRP) yang membeber elektabilitas tiga kontestan di pilkada ibu kota negara.

GRP membeber hasil surveinya di Jakarta, Senin (16/1). Dari hasil survei terhadap 2.745 responden yang tersebar di 27 kelurahan di DKI, duet Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (AHY-Sylvi) memiliki elektabilitas tertinggi.

Pasangan calon bernomor urut satu yang diusung Koalisi Cikeas itu memiliki elektabilitas hingga 45 persen. Di bawahnya ada duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan perolehan angka 23,5 persen.

Sedangkan Basuki T Purnama-Djarot S Hidayat justru berada di posisi juru kunci. Elektabilitas calon petahana itu hanya 23,3 persen.

"Ada 8,2 persen responden tidak menyuarakan pendapatnya (belum menentukan pilihan)," ujar IT and Technical Advisor PT GRP Farit M Afendi saat merilis hasil survei lembaganya di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/1).

Farit menjelaskan, sampel yang ditarik dari 27 kelurahan itu sudah mewakili daerah-daerah lainnya. Sebab, ada kemiripan karakter pemilih dari kelurahan yang dijadikan sampel.

GRP memilih 100 responden di setiap kelurahan. Surveinya menggunakan metode stratified systematic sampling dan statistika regresi multinominal logit dengan margin of error di bawah 2 persen.

Survei dilakukan menggunakan mobile survey application (MOSAIC) yang dilengkapi GPS untuk menghindari survei palsu yang dilakukan oleh enumerator. Survei dibiayai oleh dana perusahaan sendiri dan dilakukan pada 2-7 Januari 2017.(uya/JPG)


Satu lagi lembaga survei yang meriset tingkat keterpilihan (elektabilitas) calon di pilkada DKI Jakarta. Kali ini ada PT Grup Riset Potensial (GRP)


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News