Mas Nadiem Dinilai Sangat Kompeten Pimpin Kemendikbud-Ristek

Mas Nadiem Dinilai Sangat Kompeten Pimpin Kemendikbud-Ristek
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim di kompleks Istana Negara, Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bidang Pendidikan Dr. Hanif Saha Ghafur menilai sosok Mendikbud Nadiem Makarim memiliki pengalaman mengurus manajemen dengan baik.

Oleh karena itu, Nadiem dinilai tepat untuk memimpin lembaga hasil penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Ristek dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

"Saya percaya Mas Nadiem mampu melaksanakan integrasi Kemendikbud dan Kemenristek. Tinggal bagaimana lahir kebijakan-kebijakan dari presiden terimplementasi ke Kementerian," ujar Hanif.

Namun, dalam melaksanakan peleburan dua kementerian, Nadiem perlu didukung oleh jajaran pejabat lapis kedua yang kuat, sehingga pengelolaan fungsi kebudayaan, pendidikan, dan riset bisa dijalankan secara optimal.

Kemendikbud-Ristek juga akan menjadi kementerian dengan anggaran negara tertinggi, sehingga diperkirakan memiliki kinerja yang terus meningkat.

"Beban kerja tidak memberatkan kalau diusung bersama-sama. Tinggal bagaimana mengefektifkan implementasi dari berbagai peraturan,” kata Hanief.

Menurut Hanif, dalam kondisi pandemi COVID-19 yang belum berakhir, diperlukan keleluasaan dalam melaksanakan kebijakan, kendati dengan aksi terbatas.

Nadiem, kata dia, terbukti telah sukses menjalankan kepemimpinan di Kemendikbud selama lebih dari 1 tahun enam bulan.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai Nadiem Anwar Makarim masih sosok yang tepat untuk memimpin lembaga hasil penggabungan Kemendikbud-Ristek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News