Mas Nadiem Ungkap Peran Besar Buya Syafii di Balik Lahirnya Kurikulum Merdeka 

Mas Nadiem Ungkap Peran Besar Buya Syafii di Balik Lahirnya Kurikulum Merdeka 
Buya Syafii Maarif. Foto: M Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan belasungkawa atas wafatnya anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii di Yogyakarta, Jumat (27/5).

Nadiem mengatakan kepergian Ahmad Syafii Maarif merupakan kehilangan besar bagi bangsa Indonesia.

"Keluarga besar Kemendikbudristek berbelasungkawa atas wafatnya Buya Syafii Maarif. Bangsa Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh bangsa yang sangat berjasa dalam penanaman nilai-nilai Pancasila melalui keteladanannya," kata Menteri Nadiem di Jakarta, Jumat (27/5).

Dia meyakini karakter Buya Syafii perlu diteladani generasi muda. Almarhum dikenal sebagai ulama dan cendikiawan yang bijaksana dan sederhana serta konsisten dalam mengawal toleransi dan inklusi.

Nadiem masih ingat pesan Buya Syafii agar Kemendikbudristek terus membumikan Pancasila.

"Buya Syafii mengingatkan kami upaya untuk membumikan Pancasila sangat memerlukan gotong royong semua pihak, utamanya generasi muda," kata Menteri Nadiem. 

Itu sebabnya, lanjut Nadiem, Kemendikbudristek menghadirkan Kurikulum Merdeka sehingga mata pelajaran Pendidikan Pancasila bisa dipelajari melalui praktik dan pembelajaran berbasis proyek. Sehingga anak-anak bisa langsung mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Buya Syafii meninggal dunia hari ini Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah, Gamping.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebutkan peran Buya Syafii hingga lahirlah Kurikulum Merdeka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News