Masa Inkubasi Belum Usai, 2 Pasar di Kota Bandung Sudah Dibuka

Masa Inkubasi Belum Usai, 2 Pasar di Kota Bandung Sudah Dibuka
Personel Satpol PP saat menutup sementara Pasar Leuwipanjang, Kota Bandung. Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

jpnn.com, BANDUNG - Pemkot Bandung memutuskan kembali membuka Pasar Leuwipanjang dan Pasar Sadang Serang meski masa inkubasi belum usai setelah ada sejumlah pedagang di dua pasar itu yang dinyatakan positif COVID-19.

Awalnya Pemkot merencanakan penutupan sementara atau masa inkubasi dua pasar itu hingga Selasa 23 Juni 2020. Namun setelah pertimbangan yang dilakukan, pasar itu kembali beroperasi pada Jumat pagi.

"Setelah saya minta Pak Ema (Sekda) dan Pak Wakil Wali Kota mempelajari, kayanya dibuka saja, Insy Allah," kata Wali Kota Bandung, Oded M Danial di Bandung, Jumat.

Meski masa inkubasi belum usai, ia memastikan protokol kesehatan di dua pasar tersebut diterapkan dengan ketat. Selain itu, pelacakan terhadap sejumlah orang yang pernah kontak erat dengan pedagang yang positif, dilakukan secara maksimal.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Herry Hermawan mengatakan pembukaan pasar tersebut mengacu kepada hasil rapat yang dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pasar Kota Bandung.

Saat dibuka, menurutnya dua pasar tersebut dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala. Kemudian seluruh pedagang yang berjualan di dua pasar tersebut, menurutnya telah mengikuti rapid test.

"Ada komitmen protokol kesehatan maksimum selama PSBB proporsional dijalankan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita menyatakan ada empat pedagang Pasar Leuwipanjang yang dinyatakan reaktif COVID-19 dari hasil rapid test setelah adanya seorang pedagang yang dinyatakan positif COVID-19.

Dua pasar di Kota Bandung dibuka meski masa inkubasi belum usai setelah ada sejumlah pedagang positif Corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News