Masalah Kesehatan Selama Puasa dan Cara Mengatasinya

Masalah Kesehatan Selama Puasa dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi: loop-pixabay

jpnn.com - BULAN suci Ramadan menawarkan sejumlah manfaat, baik spiritual, sosial dan fisiologis. Perbaikan kesehatan terbukti pada mereka yang menjalani puasa. Tentu saja, untuk menuai manfaat tersebut, diet seimbang juga harus dijalani.

Beberapa masalah kesehatan yang mungkin Anda hadapi selama Ramadan ini bisa diatasi, terlebih menjelang Hari Raya. Namun selalu ingat untuk berkonsultasi dengan dokter bila Anda menginginkan diagnosis dan pengobatan yang lebih personal.

Apa saja masalah kesehatan selama puasa? Berikut ini penjelasannya dan cara mengatasinya, seperti dikutip dari laman NHS.UK, Rabu (8/6). (fny/jpnn)

1. Orang yang secara teratur minum obat untuk gangguan pencernaan seperti antasida, antihistamin atau inhibitor pompa proton disarankan untuk terus mengonsumsinya. Waktu yang baik untuk melakukan hal ini adalah pada saat makan sahur.

2. Mulas atau bersendawa bisa dibantu dengan makan dimoderasi dan menghindari makanan berminyak, makanan goreng atau sangat pedas. Mengurangi asupan kafein Anda dan berhenti merokok juga bisa membantu.

3. Minyak peppermint bisa membantu mengurangi sendawa atau ketidaknyamanan perut. Tidur dengan kepala terangkat dengan menggunakan beberapa bantal, selain jangka panjang untuk penurunan berat badan, juga bisa membantu mencegah sakit mag.

4. Puasa dan kontrol diabetes
Orang yang secara teratur menyuntikkan insulin disarankan untuk tidak berpuasa, karena risiko potensial untuk kesehatan, baik dalam jangka pendek dan panjang.

Orang yang memiliki diabetes menggunakan tablet harus meminta nasihat dari dokter mereka sebelum memulai berpuasa.

BULAN suci Ramadan menawarkan sejumlah manfaat, baik spiritual, sosial dan fisiologis. Perbaikan kesehatan terbukti pada mereka yang menjalani puasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News