Masalah Pelabuhan Muara Baru Masuk DPR Pekan Depan

Masalah Pelabuhan Muara Baru Masuk DPR Pekan Depan
Anggota Komisi IV berdiskusi dengan pengusaha ikan Muara Baru. Foto: Mesya/JPNN

jpnn.com - JAKARTA--‎Komisi IV DPR RI akan menggelar rapat khusus membahas masalah nelayan di Pelabuhan Muara Baru yang mogok sejak Senin (11/10). 

Menurut anggota Komisi IV Ono Surono, aksi mogok nelayan, buruh, ABK, dan tenaga kerja lain di Pelabuhan Muara Baru ini harus segera dituntaskan.

"Kami akan undang Perindo, Menteri Kelautan Perikanan serta asosiasi perikanan untuk duduk bersama. Karena bukan hanya Muara Baru yang mogok, tapi di beberapa pelabuhan juga," kata politikus PDIP ini di Jakarta, Selasa (11/10).

Dia mengungkapkan, aksi mogok merupakan langkah terakhir yang diambil nelayan dan pengusaha. Ketika mereka mogok, kerugian yang dialami sangat besar.

"Ini untuk kali pertamanya nelayan Muara Baru mogok. Kalau sampai mereka mogok berarti ada masalah besar dan ini harus diselesaikan secepatnya agar tidak berdampak pada stok ikan secara nasional," terangnya.

‎Komisi IV, lanjut Ono, akan mencari siapa yang benar dalam kasus ini. Jangan sampai pemerintah melalui BUMN-nya lebih fokus mencari keuntungan tapi tidak memerhatikan dampak ke masyarakat kecil. 

Senin (10/10), sekira 85 ribu nelayan, buruh, ABK, dan tenaga kerja di pelabuhan melakukan aksi mogok. Nelayan dan ABK berencana mogok sebulan. Sedangkan pengusaha perikanan tujuh hari. Meski rugi besar, mereka memilih mogok ketimbang demo. Lantaran demo tidak membuahkan hasil.‎ (esy/jpnn)‎


JAKARTA--‎Komisi IV DPR RI akan menggelar rapat khusus membahas masalah nelayan di Pelabuhan Muara Baru yang mogok sejak Senin (11/10). 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News