Masih Ada Panen Raya Meski Periode Paceklik

Masih Ada Panen Raya Meski Periode Paceklik
Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Kepala Satgas Pangan Polri Irjen Setyo Wasisto dalam panen raya di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/1). Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, KARAWANG - Kementerian Pertanian (Kementan) dan sejumlah instansi terkait menggelar panen raya seluas 800 hektare padi varietas ciherang di Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/1). Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memimpin langsung panen raya itu.

"Hari ini adalah tahun baru, ini bentuk upaya kami swasembada pangan," kata Amran di lokasi panen. 

Amran menjelaskan, secara nasional pada Januari 2018 ini ada sekitar satu juta hektare lahan padi yang dipanen. Menurutnya, angka itu sangat normal mengingat periode ini musim paceklik. 

"Hari ini, kami seratus titik panen secara nasional," kata Amran. 

Sementara Kepala Balai Karantina Pernanian Kementan Banun Hartini mengatakan, di Karawang Barat terdapat dua titik panen. Titik pertama seluas 300 hektare, sedangkan titik kedua 500 hektare. 

"Produksi padi di sini 5,9 sampai 6,1 ton per hektare," kata Banun di sela panen raya. 

Birokrat yang dipercaya sebagai penanggung jawab Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) Provinsi Jawa Barat itu menambahkan, di Karawang terdapat 5.800 hektare sawah yang dipanen. Sedangkan untuk keseluruhan sawah di Jabar yang dipanen pada Januari ini seluas 100.996 hektare.

"Pada Januari ini, Sukabumi yang paling banyak hasil panennya. Yaitu 18.170 hektare," kata dia di panen raya yang juga dihadiri Kepala Satgas Pangan Polri Irjen Setyo Wasisto itu.(tan/jpnn)


Pada Januari ini terdapat satu juta hektare sawah yang dipanen. Luas itu sangat normal karena saat ini sedang dalam periode paceklik.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News