Masih Muda Sudah Sakit Jantung, Ini Penyebabnya

Masih Muda Sudah Sakit Jantung, Ini Penyebabnya
Perokok. Foto: Third Force News

jpnn.com - POLA hidup yang bermasalah bisa mengakibatkan penyakit jantung saat usia muda. Dokter Nia Dyah Rahmianti SpJP FIHA dari RS Petrokimia Gresik menyatakan, rata-rata penderita penyakit jantung yang masih muda terbiasa merokok dan hidup seenaknya.

''Memang yang berisiko (sakit jantung, Red) itu usia 45 tahun ke atas. Tapi, tidak tertutup kemungkinan usia muda. Yang hidup ngawur tadi,'' jelasnya.

Nia menyatakan ada dua penyebab penyakit jantung. Pertama, faktor yang bisa dimodifikasi. Itu berasal dari latar belakang penyakit diabetes, hipertensi, dan kolesterol. Kedua, faktor yang tidak bisa dimodifikasi seperti genetik.

Salah satunya Horry. Lelaki usia 55 tahun itu menderita hipertensi urgensi. ''Belum jantung, tapi sangat berisiko ke jantung koroner,'' katanya.

Warga Perumahan GKB itu pekan lalu terkena serangan darah tinggi. ''Sebelumnya belum pernah. Langsung dibawa istri ke IGD,'' ucap Horry.

Horry mengakui, penyebab sakitnya adalah pola makan. Dia kerap makan sembarangan yang meningkatkan tekanan darah.

''Jika tidak segera ditangani, bisa terjadi komplikasi. Salah satunya gagal jantung,'' jelas Nia. Makanan Horry di RS diatur. Tekanan darahnya pun kini sudah normal.

Masalah makan sembarangan juga dialami Doni Yusuf. Tekanan darah pemuda 26 tahun itu juga tinggi. Sering mimisan.

Rata-rata penderita penyakit jantung yang masih muda terbiasa merokok dan hidup seenaknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News