Masih Muda Tapi Sudah Pikun, Kenali Penyebabnya!

Masih Muda Tapi Sudah Pikun, Kenali Penyebabnya!
Lupa sesuatu. Foto: Qlik Blog

jpnn.com - Seberapa sering Anda lupa nama orang yang baru Anda temui beberapa saat? Atau seberapa sering Anda berusaha keras untuk mengingat nama film yang baru saja Anda tonton?

Lupa adalah keadaan yang manusiawi, tetapi bila Anda masih muda dan pikun, tentunya hal ini bisa menganggu produktivitas.

Pikun atau mudah lupa identik dengan penyakit orang tua. Namun, banyak gangguan dalam mengingat yang juga dialami oleh orang yang masih berusia muda. Agar Anda dapat lebih waspada dan meminimalkan risiko menjadi pelupa, kenali berbagai penyebab pikun berikut ini:

1.Terlalu banyak beban pikiran

Mudah lupa di usia muda mungkin terjadi karena Anda memiliki terlalu banyak hal yang perlu dilakukan atau dipikirkan. Ketika Anda melakukan banyak tugas sekaligus, rentang perhatian Anda terhadap tugas tersebut menjadi lebih pendek dan Anda bisa saja gagal menyerap semua informasi yang ada.

Agar memori otak Anda bisa lebih kuat, pengulangan penting dilakukan. Namun ketika Anda mengerjakan banyak hal sekaligus, pengulangan tersebut akhirnya terbengkalai, sehingga Anda akan menjadi mudah lupa.

2. Kejenuhan

Jenuh juga bisa menjadi penyebab mudah lupa. Ketika Anda jenuh, maka otaktidak akan menyerap informasi yang Anda lakukan dengan efektif. Anda akan cenderung melakukan kegiatan secara cepat, tanpa memperhatikan detail dari pekerjaan Anda.

Lupa adalah keadaan yang manusiawi, tetapi bila Anda masih muda dan pikun, tentunya hal ini bisa menganggu produktivitas.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News