JPNN.com

Maskapai Penerbangan Indonesia Sepakat Turunkan Tarif Penerbangan Domestik

Senin, 14 Januari 2019 – 06:00 WIB Maskapai Penerbangan Indonesia Sepakat Turunkan Tarif Penerbangan Domestik - JPNN.com

Menanggapi maraknya keluhan warga terhadap harga tiket pesawat yang mahal, seluruh maskapai nasional di Indonesia sepakat menurunkan tarif tiket penerbangan mulai akhir pekan ini.

Namun pengamat menilai langkah ini tidak akan selalu menjamin harga tiket transportasi udara yang terjangkau, kecuali pemerintah memberikan insentif lebih bagi industri penerbangan nasional.

Keputusan penurunan tarif tiket pesawat dalam negeri ini merupakan hasil dari rapat bersama antara direksi maskapai nasional, otoritas penerbangan, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta pada Minggu (13/1).

Dalam rilisnya, ketua Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia Ari Askhara Danadiputra mengatakan seluruh maskapai yang tergabung dalam INACA sepakat untuk menurunkan tarif tiket penerbangan sebesar 20% - 60%.

Ari Askhara menambahkan anggotanya juga telah memberlakukan penurunan tarif sejak Jumat 11 Januari 2019, pada beberapa rute penerbangan seperti Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogja, Jakarta Surabaya, Bandung-Denpasar dan lain-lain.

Penurunan tarif ini akan dilanjutkan untuk rute penerbangan domestik lainnya.

"Di tengah kesulitan para maskapai kami tetap paham dan mengerti akan kebutuhan masyarakat dan kami memastikan komitmen memperkuat akses masyarakat terhadap layanan penerbangan nasional serta keberlangsungan industri penerbangan nasional tetap terjaga." kata Ari Askhara.

Ari Askhara menambahkan penurunan tarif ini juga dimungkinkan berkat adanya komitmen positive atas penurunan biaya kebandaraan dan navigasi dari para stakeholder seperti AP1, AP 2, AirNav dan Pertamina.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...