Massa dari Lentera Hijau Sriwijaya Geruduk Polda Sumsel, Ada Apa?

Massa dari Lentera Hijau Sriwijaya Geruduk Polda Sumsel, Ada Apa?
Massa dari Lentera Hijau Sriwijaya saat melakukan unjuk rasa ke Polda Sumatra Selatan (Sumsel). Foto: Cuci Hati/jpnn.

jpnn.com, PALEMBANG - Massa dari Lentera Hijau Sriwijaya melakukan unjuk rasa ke Polda Sumatra Selatan (Sumsel) terkait kasus penahanan terhadap petani di Banyuasin yang bernama Sirohiman (33) dan Firmansyah (20).

Kedua korban sendiri ditahan oleh Asisten Direktur PT Adira Agro TBK Juisman Aidi (46) beberapa waktu lalu, karena diduga sudah melakukan pencurian buah sawit milik PT Adira Agro.

Koordinator aksi demo Febri Z.S dari Lentera Hijau Sriwijaya mengungkapkan bahwa pada unjuk rasa hari ini ada beberapa tuntutan yang disampaikan.

Salah satunya, mendesak pihak Polda Sumsel untuk segera memeriksa pihak perusahaan dari PT Adira Agro TBK yang diduga memberikan intruksi melakukan penahanan terhadap petani Banyuasin lebih dari 1×24 jam yang mana tidak sesuai dengan peraturan Kapolri Nomor 8 tahun 2009.

"Jadi selama penyekapan tersebut, kedua korban tidak diberi makan oleh Pihak pimpinan PT Adira Agro TBK, dan ini sudah sudah jelas melanggar HAM," tegas Febri.

Febri mengatakan bahwa sawit yang diduga dicuri oleh petani Banyuasin tersebut merupakan lahan milik warga itu sendiri.

"Mereka (petani) memiliki sertifikat atas lahan mereka sendiri," kata Febri.

Adapun penahanan tersebut terjadi pada Kamis, 06 April 2023 lalu di PT Andira Agro TBK di Desa Karang Anyar, Muara Padang, Banyuasin, Sumsel dan telah dilaporkan di Polda Sumsel dengan no STTLP Nomor : 190/ IV  2023/SPKT POLDA SUMSEL dan LP Nomor : B /190/IV/2023/SPKT/POLDA SUMSEL.

Massa dari Lentera Hijau Sriwijaya melakukan unjuk rasa ke Polda Sumatra Selatan (Sumsel) terkait kasus penahanan terhadap petani di Banyuasin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News