Massa Pro dan Kontra Capim Saling Seruduk di depan KPK

Massa Pro dan Kontra Capim Saling Seruduk di depan KPK
Suasana aksi massa di depan Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (30/8). Foto : Fathan Sinaga /JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Massa pro-calon pimpinan dan kontra-pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkumpul di depan lembaga antirasuah, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (30/8).

Kedua pihak saling beradu menyampaikan aspirasi sehingga membuat suasana di depan Gedung KPK memanas.

Awalnya, selepas salat Jumat, ratusan orang memadati pelataran Gedung Merah Putih. Mereka yang terdiri dari unsur Koalisi Kawal Capim KPK dan pegawai KPK menggelar aksi memprotes pansel capim yang meloloskan sejumlah nama yang diduga bermasalah hingga tahap wawancara dan uji publik.

BACA JUGA : Pansel Capim KPK Tanya ke Brigjen Sri Handayani: Ibu Yakin Membuat Makalah Ini Sendiri?

Sejumlah poster juga tampak terpampang dengan tulisan menolak capim bermasalah. Selain itu, massa juga di depan Gedung KPK dengan dibuka oleh lagu Iwan Fals berjudul Bento.

Penasihat KPK Tsani Annafari kemudian menyampaikan orasinya. Di atas panggung komando, Tsani mendesak Presiden Joko Widodo untuk menggagalkan calon pimpinan bermasalah.

Tsani juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dan mengawal proses seleksi capim KPK. "Semoga teriakkan ini didengar Presiden Jokowi," kata dia.

Sesaat setelah Tsani turun dari panggung orasi, sekelompok massa kemudian datang ke depan Gedung KPK. Berbeda dengan massa yang lebih dulu menggelar aksi, sekelompok orang menamakan diri Koalisi Pejuang Keadilan justru mendukung penuh panitia seleksi.

Koalisi Kawal Capim KPK dan pegawai KPK menggelar aksi memprotes pansel capim yang meloloskan sejumlah nama yang diduga bermasalah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News