Masuk Batam Lewat Pelabuhan, Siap-siap Kena Pungli

Masuk Batam Lewat Pelabuhan, Siap-siap Kena Pungli
Masuk Batam Lewat Pelabuhan, Siap-siap Kena Pungli
BATAM - Sorotan terhadap maraknya pungutan liar (pungli) oleh oknum petugas Perda Kependudukan (Perdaduk) Batam kepada para pendatang di Pelabuhan Domestik Sekupang disorot, ternyata tak membuat praktik haram itu berhenti. Kemarin, sejumlah pendatang tetap dimintai duit oleh petugas.

Pantauan Batam Pos (JPNN Group), pungli itu terjadi di meja petugas. Pendatang tak ber-KTP Batam yang hendak mengurus Kartu Kunjungan dimintai uang agar bisa masuk Batam dengan mulus. Permintaan itu dilakukan secara halus. Petugas, misalnya, pura-pura tak minta, namun mereka menerima karena pendatang itu yang memberi mereka uang.

Anton, 24, warga Tanjungbalai Karimun, mengaku diminta "mengerti" agar bisa masuk Batam. "Dia (petugas,red) bilang bisa membantu asalkan mengerti sedikitlah sama dia," ujar Anton.

Karena diminta mengerti, mau tak mau Anton memberi uang Rp50 ribu. Uang itu sudah termasuk biaya pembuatan kartu Rp10 ribu.

BATAM - Sorotan terhadap maraknya pungutan liar (pungli) oleh oknum petugas Perda Kependudukan (Perdaduk) Batam kepada para pendatang di Pelabuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News