Masuk TK, Ortu Rogoh Kocek Puluhan Juta

Masuk TK, Ortu Rogoh Kocek Puluhan Juta
Masuk TK, Ortu Rogoh Kocek Puluhan Juta
DEPOK - Biaya pendidikan di Indonesia tambah hari kian mahal saja. Jangankan masuk sekolah dasar (SD), untuk masuk kelompok bermain atau TK saja mahalnya minta ampun. Terbukti misalnya seperti yang diutarakan Indri. Karyawati swasta ini mengaku harus mengeluarkan uang puluhan juta untuk biaya anaknya masuk TK. Kebetulan, sekolah yang dipilih berada dekat komplek perumahannya di Bumi Serpong Damai.

"Anak saya sekolahnya di TK Al-Azhar. Memang mahal sih. Masuknya saja harus merogoh kocek puluhan juta," aku istri seorang pilot ini, Selasa (11/1).

Meski harus merogoh koceknya semakin dalam, namun Indri mengaku puas dengan pendidikan yang didapat anaknya. "Mahal gak apa-lah. Yang penting metode pendidikannya oke. Apalagi ekskul-nya banyak. Jadi, anak bertambah wawasan dan kreativitasnya," ujarnya.

Sementara, biaya TK di Depok juga tak kalah malahnya. Sebut saja di KB-TK Islam Lazuardi. Untuk masuk di situ, ortu (orang tua) harus mengeluarkan duit belasan hingga puluhan juta. Salah satu ortu murid mengaku, kelebihan sekolah tersebut adalah pelajaran tambahan yang tidak didapat di tempat lainnya. Selain itu, ada saat-saat tertentu di mana siswa melakukan wisata, baik di dalam maupun luar negeri.

DEPOK - Biaya pendidikan di Indonesia tambah hari kian mahal saja. Jangankan masuk sekolah dasar (SD), untuk masuk kelompok bermain atau TK saja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News