Masukan & Harapan Muhammadiyah ke Jokowi Andai Terpilih Lagi

Masukan & Harapan Muhammadiyah ke Jokowi Andai Terpilih Lagi
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam pertemuan di Istana Negara, Senin (6/8). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir memberikan enam masukan kepada Presiden Joko Widodo. Haedar mengharapkan masukannya bisa diakomodasi dalam Nawacita Jilid II jika presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu kembali terpilih memimpin Indonesia untuk periode 2019-2024.

Haedar menyampaikan masukannya secara langsung saat mendampingi pengurus Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) beraudiensi dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin (6/8). Masukan pertama dari Haedar adalah menjadikan nilai-nilai agama sebagai nilai luhur bebangsa dan bernegara.

"Kami sampaikan betapa pentingnya negara untuk memperhatikan nilai-nilai agama sebagai perwujudan Tuhan YME sebagai basis nilai warga kita, agar bersikap luhur, damai, toleran dan maju. Sekarang kita merasakan, hanya karena tujuan-tujuan politik, kemudian jebol keadabannya," ucap Haedar dalam jumpa pers usai bertemu Presiden Jokowi.

Masukan kedua dari Haedar adalah peneguhan nilai Pancasila. Dia bersyukur karena saat ini sudah ada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Namun, Haedar tetap berharap agar ke depan pemantapan nilai-nilai Pancasila menjadi bagian Nawacita. Dengan demikian nilai-nilai luhur bangsa itu bisa menjadi dasar berpikir, dasar moral serta orientasi tindakan bagi seluruh aparat pemerintahan dan warga negara.

Masukan ketiga Haedar terkait dengan hal yang pernah dia diskusikan dengan Jokowi. Yakni tentang memfokuskan upaya tentang implementasi kebijakan yang berkeadilan soosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Pak Presiden sendiri sudah punya program ke depan, beliau ingin new economics policy, kebijakan ekonomi baru yang insyaallah kalau keadilan sosial jadi basic, kan ini cita-cita Bung Hatta," tutur pengganti Din Syamsuddin di kursi ketua umum PP Muhammadiyah itu.

Keempat tentang kedaulatan. Muhammadiyah, kata Haedar, sudah paham bagaimana pemerintahan sekarang ini melakukan renegosiasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan enam masukan kepada Presiden Joko Widodo dan berharap masukan itu bisa diakomodasi dalam Nawacita Jilid II

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News