Masukan Para Tokoh Agama untuk Presiden Jokowi Hadapi Situasi

Masukan Para Tokoh Agama untuk Presiden Jokowi Hadapi Situasi
Presiden Joko Widodo bersama Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko saat menerima para tokoh agama di Istana Merdeka, Kamis (26/0). Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para tokoh lintas agama berkumpul di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (26/9). Para tokoh lintas agama menemui Presiden Ketujuh RI itu untuk menyampaikan berbagai hal tentang persoalan terkini, termasuk maraknya demo yang berujung ricuh.

Para pemuka agama yang hadir pada pertemuan itu adalah Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Ignatius Suharyo, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Dr. Henriette Tabita Lebang, serta Ketua Umum Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Arief Harsono.

Selain itu, ada pula tokoh agama lainnya yang juga hadir. Di antaranya Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Ws. Budi Santoso Tanuwibowo, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya.

Adapun Presiden Jokowi tak sendirian. Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung tampak duduk mengapit Jokowi.

Helmy mengatakan, para tokoh lintas agama menyampaikan sejumlah masukan kepada Presiden Jokowi. "Siang ini Pak Presiden mengundang beberapa tokoh lintas agama. Tadi kami semua menyampaikan keprihatinan kepada beliau terhadap situasi mutakhir," katanya usai pertemuan itu.

Mantan anggota DPR itu menjelaskan, ada berapa hal yang didiskusikan dalam pertemuan itu. Antara lain mengenai kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sudah ditangani pemerintah.

Selanjutnya, pertemuan itu juga membahas perkembangan situasi di Papua dan Papua Barat akhir-akhir ini. Pada intinya, kata Helmy, tokoh lintas agama menyampaikan sejumlah masukan untuk Papua dan Papua Barat, termasuk pentingnya mengatasi kesenjangan ekonomi dan pendidikan.

Hal lain yang jadi bahasan pertemuan itu adalah maraknya demo. Helmy menegaskan, gerakan mahasiswa bertujuan menyerukan ajakan moral.

Presiden Jokowi menggelar pertemuan dengan para tokoh lintas agama untuk membicarakan berbagai masalah akhir-akhir ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News