Masyarakat Adat dan Pemerintah Bekerja Sama Menjaga Bumi dan Budaya

Masyarakat Adat dan Pemerintah Bekerja Sama Menjaga Bumi dan Budaya
Kelompok masyarakat adat di di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Foto: dok HMPSIH

jpnn.com, KOTA SUKABUMI - Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Kemdikbudristek menggelar focus group discussion dengan bahasan terkait permasalahan tiga kasepuhan di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan ini masuk dalam rangkaian Bina Desa 2022 yang digagas oleh Fakultas Hukum, Universitas Parahyangan melalui Divisi Pengabdian Masyarakat, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum (HMPSIH).

“Dalam focus group discussion ditekankan untuk membahas permasalahan-permasalahan yang saat ini sedang dihadapi oleh masyarakat di tiga kasepuhan,” ungkap Michael Hans Ranteallo, Ketua Pelaksanana Bina Desa 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka pada 28 Agustus 2022 bertempat di Kantor Desa Sirnresmi.

Sejumlah elemen hadir dalam kegiatan itu di antaranya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Sukabumi, OPD Provinsi Jawa Barat, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat, Pemerintah Desa Sirnaresmi, Abah Kasepuhan Sinarresmi, Abah Kasepuhan Ciptamulya, Abah Kasepuhan Ciptagelar, Masyarakat Kasepuhan Sinarresmi, Masyarakat Kasepuhan Ciptamulya, dan Masyarakat Ciptagelar.  

Dalam pengantarnya Ketua Pelaksana Bina Desa 2022 menjelaskan focus group discussion ini menghadirkan lima pembicara yang memaparkan tanggapannya terkait permasalahan sesuai latar belakang institusinya.

Maman Wijaya, Sekretaris Deputi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menjelaskan negara sedang berupaya memajukan kebudayaan nasional.

Hal itu berarti keberadaan budaya perlu untuk dilestarikan dan dikembangkan, tidak saja oleh pemerintah, tetapi juga seluruh lapisan warga, termasuk masyarakat adat sendiri.

Negara sedang berupaya memajukan kebudayaan nasional sekaligus kehidupan masyarakat adat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News