Masyarakat Diajak Patungan untuk IKN, Wagub Kaltim: Beli Minyak Goreng Saja Susah

Masyarakat Diajak Patungan untuk IKN, Wagub Kaltim: Beli Minyak Goreng Saja Susah
Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi saat diwawancarai awak media di Hotel Grand Senyiur di Balikpapan, Kaltim, Selasa (29/3/2022). (Foto : Humas Pemprov Kaltim)

jpnn.com, BALIKPAPAN - Pernyataan Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono yang mewacanakan pembangunan IKN melalui skema crowd funding atau patungan masyarakat, belakangan jadi sorotan publik.

Tidak sedikit yang memberikan keritikan atas wacana yang dilontarkan Bambang Susantono tersebut. Salah satunya juga datang dari Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi.

Menurut orang nomor dua di Benua Etam itu, rencana patungan akan kurang tepat apabila dibebankan ke masyarakat. Sebab sejak awal pembiayaan IKN menjadi tanggungjawab dari pemerintah pusat.

"Setahu saya, dari awal (pemerintah) pusat yang membiayai. Ataupun mungkin kalau ada yang kurang (pembiayaan) ya, tetap jadi urusan pusat lah," ucap Hadi usai menghadiri acara di Grand Senyiur Hotel di Balikpapan, Kaltim, Selasa (29/3).

Hadi mengatakan patungan dari masyarakat untuk membangun IKN Nusantara sangat tidak mungkin dilakukan. Mengingat ekonomi masyarakat kekinian terbatas dampak dari pandemi selama dua tahun ini.

"Masyarakat kan terbatas dananya," terangnya.

Kendati demikian, Hadi mengaku berpikir positif dengan coba meluruskan maksud dari pernyataan yang telah dilontarkan Kepala IKN Nusantara itu.

"Jadi masyarakat dalam tanda kutip yang dimaksud (Bambang Susantono) itu pengusaha besar kali," imbuhnya.

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi menanggapi wacana Kepala IKN Nusantara meminta masyarakat patungan untuk membangun IKN, berikut pernyataannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News