Demi IKN, Jokowi Akan Keluarkan 4 Perpres dan 2 PP, Tujuannya?

Demi IKN, Jokowi Akan Keluarkan 4 Perpres dan 2 PP, Tujuannya?
Titil Nol IKN Nusantara. Ilustrasi Foto : Biro Pers Sekretariat Kepresidenan

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono mengatakan pihaknya dan kementerian serta lembaga terkait tengah menggodok sejumlah regulasi untuk menunjang IKN. Menurut dia, terdapat tiga aspek yang harus dipenuhi pemerintah dalam mempersiapkan pembangunan IKN dengan sebaik-baiknya, yaitu aspek perencanaan, pelaksanaan, hingga regulasi.

Terkait regulasi, Bambang menyatakan saat ini pemerintah sedang menyelesaikan sejumlah peraturan yang mendukung pembangunan IKN.

"Kami sekarang sedang menyelesaikan empat rencana Perpres dan juga dua rencana Peraturan Pemerintah. Dan tadi disinkronisasi bersama-sama untuk melihat kesesuaian satu dengan yang lain. Karena semuanya itu penting untuk landasan hukum kami bersama dalam melangkah ke depan," ujar Bambang yang hadir bersama Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe, dalam keterangannya seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (29/3).

Dalam hal perencanaan, Bambang menyatakan pihaknya terus melakukan konsolidasi dengan beberapa kementerian dan lembaga terkait, mulai dari rencana makro hingga rencana mikro, sehingga terjadi kesesuaian dan konsistensi dalam pembangunan IKN.

"Ini juga kami cek, saya dan Pak Dhony melakukan banyak pertemuan dengan kementerian dan lembaga untuk tadi melihat kesesuaian konsistensi dari atas sampai bawah. Dan yang bawah ini sangat penting karena inilah yang nanti akan dilihat oleh mitra-mitra kerja untuk membangun ke depannya," ungkapnya.

Terakhir dari sisi pelaksanaan, Bambang menuturkan pemerintah sedang melakukan sejumlah persiapan agar pembangunan IKN berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip lingkungan yang ingin dijaga.

"Pada intinya kami berdua melaksanakan 4 K, konsolidasi dari sisi perencanaan, pelaksanaan, dan juga regulasi, kemudian koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga, kemudian juga komunikasi, dan satu lagi kolaborasi. Kolaborasi ini dengan berbagai elemen masyarakat juga," ucap Bambang.

Selain tiga aspek tersebut, Bambang menegaskan pembangunan IKN merupakan sebuah langkah panjang yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, eks Komisaris Garuda itu menyampaikan berbagai elemen masyarakat dapat turut berkontribusi mewujudkan pembangunan IKN tersebut melalui dukungan pembiayaan masyarakat.

Pemerintah tengah menggodok sejumlah regulasi untuk menunjang IKN Nusantara. Ada tiga aspek yang harus dipenuhi pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News