Masyarakat Diimbau Awasi Penyusunan Daftar Pemilih

Masyarakat Diimbau Awasi Penyusunan Daftar Pemilih
Masyarakat Diimbau Awasi Penyusunan Daftar Pemilih
JAKARTA - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa daftar pemilih selalu menjadi masalah dalam setiap penyelenggaraan pemilihan umum. Ia memperkirakan, hal ini akan kembali terjadi pada pemilu 2014.

"Memang nanti di dalam penyusunan daftar pemilih pasti ada kendala, karena beberapa fakta menunjukkan terjadi manipulasi kecurangan data yang dilakukan dengan cara sengaja," kata Viva dalam diskusi berjudul "Sinkronisasi DP4 dan Penetapan Dapil" di gedung Bawaslu, Jumat (1/3).

Untuk mencegah kecurangan, penyusunan daftar pemilih harus dikawal secara ketat. Pengawasan juga harus melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Menurut Viva, pengawasan tidak bisa hanya diserahkan kepada penyelenggara pemilu maupun partai politik. Pasalnya kedua elemen ini memiliki kepentingan sendiri dalam penyusunan daftar pemilih.

JAKARTA - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa daftar pemilih selalu menjadi masalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News