Matangkan Persiapan Haornas agar Makin Terasa Geregetnya

Matangkan Persiapan Haornas agar Makin Terasa Geregetnya
Menpora Imam Nahrawi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengingatkan jajarannya agar mempersiapkan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) sebaik mungkin. Rencananya, Haornas 2016 akan digelar pada 9 September mendatang di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Imam menyatakan hal itu saat menerima pemaparan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta di ruang rapat Menpora di lantai 10 Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (03/8). "Upacara Haornas akan diikuti 1000 peserta dari Jajaran Pemprov Jatim, Dispora seluruh kabupaten/kota seluruh Provinsi Jatim, Pramuka, Pelajar, Atlet, Santri, lembaga kepemudaan dan keolahragaan dan lainnya," kata Isnanta.

Ia menjelaskan, sebelum puncak Haornas akan ada rangkaian turnamen sepak bola U-12, U-14, U-16 hingga mahasiswa yang finalnya digelar si Stadion Sidoarjo. Isnanta menambahkan, Presiden Joko Widodo akan menyaksikan final U-14 untuk memacu sepak bola nasional di usia dini hingga meraih prestasi lebih baik di pentas nasional dan internasional.

Lebih lanjut Isnanta mengatakan, pesan yang diusung dalam Haornas adalah mengajak  rakyat Indonesia berolahraga sehingga sehat dan produktif.  "Puncak perayaan Haornas akan disuguhkan 1500 penari, atlet dan 200 seniman musik pengiring para artis ibukota serta dihadiri 20.000 orang," katanya.

Mendengar penjelasan itu, Menpora Imam Nahrawi yang didampingi staf khususnya, M. Khusen Yusuf mengatakan, puncak peringatan Haornas harus disiapkan secara matang. Ia mewanti-wanti agar faktor cuaca, ligthing, sound system, visual, media sosial dan lain sebagainya benar-benar dipersiapkan.

"Even besar ini harus bisa dijual, sangat sayang apabila tidak dimaksimalkan karena itu adalah produk untuk bisa diingat selamanya," ucapnya.

Imam menambahkan, Presiden Jokowi kemungkinan akan hadir langsung pada perayaan Haornas. Karenanya menteri yang lebih akrab disapa dengan panggilan Cak Imam itu berpesan agar gereget Haornas kali ini harus benar-benar terasa.

"Presiden mungkin akan datang, beberapa program kita banyak yang kurang nendang, sponsor harus dimaksimalkan. Sayang apabila even bagus tiba-tiba hilang begitu saja, Haornas akan menjadi perbandingan Tafisa, Asian Games dan sebagainnya. Apabila Haornas ini berhasil dengan baik maka beliau (Presiden Jokowi, red) akan mantap dan percaya even besar yang akan datang digelar di Indonesia," ujar jelas Cak Imam.

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengingatkan jajarannya agar mempersiapkan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News