Material Mubazir, Kemenpera Ubah Konsep

Material Mubazir, Kemenpera Ubah Konsep
Material Mubazir, Kemenpera Ubah Konsep
JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat mulai tahun ini akan menerapkan sistem baru dalam pembangunan perumahan. Menteri Negara Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa mengatakan, pihaknya akan mengatur DED (Detil Engeneering Design) untuk pembangunan rumah sejahtera tapak. Kebijakan ini dilakukan agar material yang digunakan untuk membangun sebuah rumah tidak terlalu banyak terbuang.

"Kami upayakan perubahan sistem pembangunan rumahnya mulai tahun ini. Jadi ketika membangun, developer harus memperhitungkan kondisi material agar tidak banyak yang terbuang," kata Suharso kepada wartawan, Kamis (28/10).

Untuk ornamen arsitektur, terangnya, tidak menjadi prioritas karena akan menambah biaya pembangunan. Sebab masyarakat lebih membutuhkan fungsi rumah ketimbang arsitek yang berlebihan.

Dia mencontohkan, penggunaan ubin yang karena ukurannya tidak pas akhirnya dipotong. Demikian juga kusen jendela diganti dengan material lain, karena harga jual kayunya semakin hari bertambah mahal.

JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat mulai tahun ini akan menerapkan sistem baru dalam pembangunan perumahan. Menteri Negara Perumahan Rakyat Suharso

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News