Jumat, 16 November 2018 – 06:48 WIB

Mathius Salempang Kapolda Kaltim

Rabu, 26 Agustus 2009 – 14:18 WIB
Mathius Salempang Kapolda Kaltim - JPNN.COM

KAPOLDA BARU- Irjen Pol Mathius Salempang. Foto: PALOPO POS/JPNN

JAKARTA - Gerbong di jajaran perwira Polri kembali bergerak. Kapolri Jendral (Pol) Bambang Hendarso Dahuri telah melakukan pergeseran sejumlah kapolda, diantaranya di Polda Kalimantan Timur (Kaltim) dan Polda Sulawesi Selatan Barat (Sulselbar). Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Mathius Salempang, dipindah ke Polda Kaltim, sedangkan posisi Kapolda Sulselbar akan diisi oleh Irjen Pol Adang Rochjan, .

Dalam Telegram Rahasia (TR) bernomor 471 tertanggal 23 Agustus 2009 disebutkan, Irjen Pol Mathius Salempang akan mengantikan Kapolda Kaltim Irjen (Pol) Andi Masmiat yang akan memasuki masa pensiun. Andi Masmiyat sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakapolda Sulselbar dari tahun 2005 hingga 2006. Sebelum memasuki masa pensiun Andi Masmiat dimutasi sebagai Perwira Tinggi (PATI) Mabes Polri.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Nanan Soekarna mengungkapkan, terdapat tiga TR mutasi. Dari TR tersebut, terdapat 92 orang Perwira Menengah (PAMEN) yang terbaik, 18 PATI dan 27 orang yang pindah posisi maupun memasuki masa pensiun. “Yang pensiun ini ada PATI dan PAMEN. Ada mutasi promosi naik pangkat dan ada yang sama levelnya, ada yang tour of duty (pindah tugas) dan tour of area (pindah fungsi),” kata Nanan di halaman Rupatama Mabes Polri, Rabu (26/8).

Untuk pergantian di level Kapolda juga terjadi di Polda Sulselbar. Posisi Kapolda Sulsel akan diisi oleh Irjen Pol Adang Rochjan, yang saat ini menjabat sebaga Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya. Sebelumnya, Adang juga pernah menjabat sebagai Wakapolda Jawa Tengah dari 2007 hingga Februari 2009.

Sementara itu saat disinggung soal mutasi yang terjadi dikalangan PATI, Nanan mengatakan pergeseran ini hal yang normal dan biasa terjadi di kepolisian. “Ini biasa saja dan lebih pada penyegeran,” kata Nanan.

Menurut rencana, serah terima jabatan dari Mathius ke Adang Rochjana ini akan dilakukan awal September di Mabes Polri. Dan setelah itu, akan dilakukan juga sertijab di Polda Sulselbar dan Polda Kaltim.Dari data yang berhasil dihimpun JPNN, Irjen Pol Mathius Salempang pernah menjabat selama enam bulan sebagai Kapolda Sulsel. Saat itu ia menggantikan Irjen Polisi Sisno Adiwinoto yang digeser sebagai Kapolda Sumatera Selatan.

Selama bertugas di Makassar, Mathius dikenal tegas dan tidak kenal kompromi terhadap bawahannya. Dia telah memecat delapan oknum polisi yang terbukti memakai dan mengedarkan narkotika sepanjang tahun 2009. (rie/JPNN)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar