Matik Yamaha Tetap Berjaya, Perempuan Jadi Incaran

Matik Yamaha Tetap Berjaya, Perempuan Jadi Incaran
Peluncuran Yamaha New Fino 125 Blue Core. FOTO: Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA - Yamaha begitu jeli membaca masih rendahnya jumlah pengguna motor dari kalangan perempuan. Pabrikan motor Jepang itu pun makin getol membidik segmen ini. Yamaha pun meluncurkan Yamaha New Fino 125 Blue Core untuk pengguna perempuan. 

"Kesenjangan perbandingan kepemilikan motor antara pria dan perempuan masih cukup jauh. Jadi, kesempatan untuk pembelian motor dari kalangan ini masih tinggi," kata General Manager Marketing PT Surya Timur Sakti Jatim Agung Mundi P. Sabtu (16/1). Agung mengatakan bahwa perbandingan kepemilikan motor di kalangan pria adalah 1:2. 

"Sedangkan untuk kalangan perempuan, perbandingannya 1:8. Perempuan sekarang juga mulai mandiri dan tidak mau ketergantungan sehingga bisa menjadi peluang pasar," lanjutnya. 

Agung menargetkan, Yamaha New Fino bisa terjual 12 ribu unit selama 2016 di Jatim. Saat ini tersedia seribu unit dengan total inden 600 motor. 

Menurut Agung, motor matik masih menyumbang penjualan terbesar untuk Yamaha di Jawa Timur. Pada 2015 segmen matik berkontribusi sebesar 50 persen terhadap total penjualan Yamaha. 

''Mio m3 memang masih berada di posisi dominan sebesar 46 ribu unit, Soul GT 10 ribu unit, NMAX 20 ribu unit, dan New Fino 12 ribu unit untuk total penjualan matik pada 2016," ujarnya. Agung menambahkan, adanya New Fino tidak akan memengaruhi pasar Mio. 

''Mereka mempunyai segmen masing-masing. Perempuan yang stylish akan cenderung memilih New Fino. Tetapi, perempuan yang lebih konservatif maupun ibu-ibu akan memilih Mio," urainya. 

Segmen sport menyumbang 35 persen dari total penjualan. Sementara itu, bebek manual hanya mampu berkontribusi 10-15 persen dari total penjualan pada 2015. Pada tahun ini pun, Agung memprediksi bahwa penjualan cukup besar masih datang dari segmen matik sebesar 55 persen. Setelah itu, motor sport menyumbang 35 persen. (vir/c7/tia) 


SURABAYA - Yamaha begitu jeli membaca masih rendahnya jumlah pengguna motor dari kalangan perempuan. Pabrikan motor Jepang itu pun makin getol membidik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News