Mattel Rilis Barbie Berjilbab, Perempuan Ini Inspirasinya

Mattel Rilis Barbie Berjilbab, Perempuan Ini Inspirasinya
Ibtihaj Muhammad memegang boneka Barbie berhijab. Foto: AP

jpnn.com, LONDON - Tahun lalu Ibtihaj Muhammad menciptakan sejarah dengan menyabet medali emas dalam Olimpiade 2016 di Kota Rio de Janeiro, Brasil. Dia menjadi atlet anggar muslim pertama yang meraih emas. Dia juga menjadi atlet muslim pertama Amerika Serikat (AS) yang berlaga tanpa melepas hijab.

Hijab yang melekat di kepala Muhammad selama Olimpiade Rio itu menjadi inspirasi Mattel untuk menciptakan Barbie berjilbab. Kemarin, Selasa (14/11), Mattel memamerkan Barbie pertamanya yang tampil anggun dengan penutup kepala tersebut.

Dalam peluncuran itu, Mattel juga menghadirkan Muhammad. ”Barbie terbaru itu merupakan bagian dari Shero dan akan dijual bebas tahun depan,” terang Mattel.

Muhammad merespons positif kehadiran Barbie berjilbab tersebut. ”Saya terharu dan bangga mengetahui bahwa anak-anak perempuan di luar sana kini bisa bermain-main dengan Barbie yang memakai penutup kepala. Masa kecil yang saya impikan sejak lama dulu akhirnya terwujud sekarang,” cuit atlet 31 tahun tersebut lewat akun Twitter resminya kemarin.

Sejal Shah Miller, wakil presiden pemasaran Mattel, mengatakan bahwa Muhammad adalah sosok yang berpengaruh. Karena itu, menciptakan Barbie dengan penampilan seperti Muhammad adalah kebanggaan bagi Mattel.

”Ibtihaj (Muhammad) adalah perempuan inspiratif yang berani tampil beda dan sukses menjadi suara bagi mereka yang selama ini tak terwakili,” paparnya. (Reuters/usatoday/hep/c11/any)


Pertama kalinya dalam 58 tahun, Barbie mengeluarkan karakter berhijab


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News